Tolong Penumpang Di Dalam Pesawat, Empat Dokter Terima Penghargaan

Menteri perhubungan dan empat orang dokter yang menerima penghargaan. Sumber gambar : AirMagz.com

Empat orang dokter yaitu Dr. HN Nazar, Sp.B, MH, Dr. Didik K Wijayanto, Dr. Suhara Manullang dan Dr. Fika Ekayanti, MMed Ed menerima penghargaan dari Menteri Perhubungan karena telah menyelamatkan nyawa penumpang sakit di dalam pesawat yang tengah mengudara. Kejadian ini sempat viral dan menjadi perbincangan hangat di sosial media.

Salah seorang penumpang berusia 50 tahun tak sadarkan dalam penerbangan GA 567 dengan tujuan Balikpapan-Jakarta. Kala itu kejadiannya sekitar 35 menit menjelang pendaratan. Kru pesawat mengumumkan adakah di antara penumpang dalam penerbangan yang berprofesi sebagai dokter. Kemudian keempat dokter yang tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI) itu berdiri dan memberikan pertolongan.

“Atas nama pribadi dan sebagai menteri saya mengucapkan terima kasih sekali kepada para dokter yang sudah menyelamatkan penumpang ini. Ini adalah sesuatu contoh yang baik untuk kejadian yang terjadi di udara,” ujar Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

Menhub Budi melanjutkan, kejadian di pesawat memang tidak dapat diprediksi. Oleh karena itu, ia berharap nantinya akan ada standar pelatihan kepada para kru dalam mengantisipasi hal serupa terjadi di masa mendatang.

Sementara itu, dokter Nazar menyatakan apa yang ia dan rekan-rekannya lakukan adalah sebuah tugas sebagai seorang dokter. Ia pun bersyukur dapat membantu penumpang yang membutuhkan pada waktu yang tepat.

“Jadi ini kalau kita bilang cuma suatu coincidence. Kita ada disaat yang tepat saat penumpang itu membutuhkan. Kita harapkan ini bisa menjadi contoh yang baik untuk masyarakat,” tegasnya.

Ia pun tak ingin membesar-besarkanbantuan yang telah ia dan rekan-rekannya berikan dengan alasan tak ingin berlebihan. Namun ia berharap kejadian yang menimpa penumpang pesawat tersebut dan apa yang telah mereka lakukan untuk membantu bisa menjadi inspirasi baik bagi orang lain.

“Tentunya ini semoga menjadi viral dalam konteks yang baik. Kita juga tidak mau takabur atas apa yang sudah kita lakukan, yang jelas kita ingin membantu,” pungkasnya.