Toilet Pemantau Kondisi Jantung Otomatis Terbaru dari Rochester Institute of Technology

Gambar: medgadget.com, rit.edu

Pemantauan harian fungsi kardiovaskuler memerlukan kerjasama dan komitmen tinggi dari pasien. Perangkat monitor harus disiapkan, hasil analisis harus dicatat, dan kemudian diberikan kepada petugas medis atau perawat. Walaupun sudah terdapat monitor elektrokardiogram (ECG), gelang pemantau tekanan darah, dan teknologi lain yang digunakan di lingkungan rumah tangga, namun biasanya mereka jarang digunakan karena masalah keganaan (usabilitas), faktor ergonomik, dan kepatuhan dari pihak pasien sendiri.

Sekelompok tim peneliti dari Rochester Institute of Technology baru saja mengembangkan tutup toilet yang dapat memantau parameter kardiovaskular penting bersamaan saat sedang digunakan pasien. Hampir dipastikan tidak ada orang yang dapat menahan kebutuhan pergi ke toilet, jadi bisa dipastikan jika pasien memiliki perangkat ini dirumah maka parameter tersebut akan dapat dipantau secara reguler (sesuai kebutuhan).

Tutup toilet canggih ini mampu mengukur tekanan darah diastolik dan sistolik, stroke volume, oksigenasi darah, denyut jantung, variabilitas denyut jantung, durasi QRS, dan interval QT yang dikoreksi. Pasien juga dapat ditimbang beratntya, walaupun membutuhkan pasien untuk mengangkat kakinya saat pengukuran.

Toilet ini sudah diujicoba dan dibandingkan hasilnya dengan monitor pemantau standar-rumah sakit, dan menunjukkan kemampuan baik perangkat ini saat mengukur tekanan darah, stroke volume, dan oksigenasi peripheral yang tidak jauh dari “standar emas”.