Serius Di Sektor Teknologi Kesehatan, Microsoft Rekrut Mantan Chief Medical Officer Samsung

Microsoft telah memantabkan langkahnya pada sektor teknologi kesehatan. Yang terbaru adalah merekrut David Rhew mantan Chief Medical Officer Samsung untuk menduduki posisi yang sama di perusahaan software raksasa tersebut.

Nantinya, Rhew akan fokus dalam meningkatkan interoperabilitas data layanan teknologi kesehatan milik Microsoft seperti biosensor, genomik, dan ukuran penentu sosial. Pun dia juga bertanggung jawab ikut membantu mengembangkan platform komputasi awan Azure terutama pada fitur yang berhubungan dengan sektor perawatan kesehatan.

“Data dengan cepat menjadi mata uang baru dalam sektor perawatan kesehatan. Perusahaan yang menciptakan nilai melalui penyimpanan yang aman, interpretasi klinis, dan pertukaran data tanpa batas antara pasien dan penyedia layanan kesehatan akan memimpin pasar,” kata Rhew dalam sebuah pernyataan.

Untuk membantu Rgew, Microsoft diketahui juga telah merekrut sejumlah nama besar seperti mantan eksekutif Google Gary Moore, Josh Mandel dan mantan CEO Dartmouth-Hitchcock Jim Weinstein.

Sebelumnya memang Microsoft sempat gagal bersaing sebagai penyedia layanan teknologi kesehatan. Namun setelah baru-baru ini menjalin kemitraan dengan Providence St. Joseph, Walgreens, dan OxfordBiomedica menjadi titik balik Microsoft untuk bangkit di sektor ini. Bahkan CEO Satya Nadella secara terang-terangan dalam sebuah acara menegaskan bahwa mereka tengah fokus mengembangkan produk yang memungkinkan dokter dapat berkomunikasi dan berbagi catatan dengan pasien.