Pendiri Withings Membeli Kembali Perusahaan Dari Nokia

Eric Carreel, Pendiri Withings. Foto : Mobile Health News

Eric Carreel, salah satu pendiri perusahaan teknologi kesehatan Prancis, Withings, telah membeli kembali perusahaannya dari Nokia. Carreel berencana untuk meluncurkan kembali Withings secara resmi pada akhir 2018 mendatang.

Untuk diketahui, Withings sebelumnya telah dibeli oleh Nokia pada tahun 2016 lalu, kemudian perusahaan asal Finlandia ini menjadikannya sebagai Divisi Produk Kesehatan Digital.

“Saya senang untuk mulai bekerja lagi dengan tim-tim brilian yang membuat merek tersebut sukses besar,” kata Carreel dalam sebuah pernyataan. “Kami memiliki tantangan yang menarik di depan kami karena kami terus mendorong batas-batas kesehatan yang terhubung.”

Withings didirikan pada tahun 2008 dan berhasil menelurkan aplikasi smartphone kesehatan populer yang seperti aplikasi pengecek tekanan darah, pelacak aktivitas, dan termometer.

“Mulai sekarang, kami akan fokus pada upaya kami untuk mengembangkan alat yang mampu melakukan inovasi layanan terkait yang dapat membantu mencegah kondisi kesehatan kronis. Teknologi saat ini memungkinkan kami untuk membayangkan solusi yang berpotensi bermanfaat bagi jutaan orang, dan ambisi kami adalah memastikan bahwa kami, sebagai Withings, memimpin dari segi pengembangan teknologi dan desain,” ungkap Carreel.

Markas Withings akan berlokasi di Paris, dengan anggota tim yang tersebar di AS dan Asia. Saat ini, perusahaan memiliki tim besar yang terdiri lebih dari 200 insinyur, pengembang, pengelola, dan teknisi yang berbasis di negara asalnya.

Situs mobilehealthnews.com melaporkan bahwa pemerintah Prancis mendorong pihak Nokia untuk menjual perusahaannya ke salah satu perusahaan di Prancis. Hal tersebut merupakan salah satu rencana untuk pemerintah Perancis untuk mengembangkan teknologi dan kecerdasan buatan. Namun, hal tersebut dinilai sangat tidak pasti karena perusahaan Finlandia itu mengumumkan akan mem-PHK hampir 600 pekerjaan.