Rumah Sakit di Thailand Mulai Gunakan Tenaga Robot Sebagai Perawat

Akibat membludaknya pasien, alih-alih mengambil perawat baru, sebuah rumah sakit di Thailand pekerjakan tiga buah robot sebagai perawat. Lengkap dengan seragam dan topi khas pekerja fasilitas kesehatan tersebut.

Kendati begitu tak seperti perawat pada umumnya, robot-robot yang diberi nama Nan, Nee dan Nim ini tidak melakukan pemeriksaan pasien secara langsung. Melainkan hanya mengantarkan dokumen penting dari satu tempat ke tempat lain serta perlengkapan dan obat-obatan kepada dokter.

Robot-robot tersebut berjalan di sepanjang strip magnetik yang menempel di lantai. Mereka bisa melakukan perjalanan lebih dari 100 meter di seluruh rumah sakit dalam sekali perjalanan. Yang masing-masing diperkirakan menempuh beberapa mil sehari.

Tiga robot ini berjenis AGV (Automated Guided Vehicle) yang diproduksi oleh perusahaan yang berbasis di Shenzhen, China.

Kendati begitu, kepala rumah sakit dr. Riantong membantah bahwa ini nantinya akan menggantikan tenaga kerja manusia atau mengurangi jumlah karyawan. Dirinya mengatakan bahwa robot itu meningkatkan efisiensi dan mengurangi kesalahan dalam pelaksanaan kerja.