Rumah Sakit di Amerika Siarkan Langsung Jalannya Operasi Otak Melalui Facebook

Gambar: AFP

Sebuah tim dari rumah sakit di Texas, Amerika Serikat (AS) menayangkan siaran langsung melalui Facebook jalannya operasi otak seorang perempuan Muda.

Perempuan bernama Jenna Schardt itu terlihat terlihat berbicara dengan dokter selama operasi yang berlangsung pada Rabu (30/10).

Siaran langsung disaksikan sekira 100.000 orang. Dalam siaran itu, terlihat dokter mengambil satu massa dari otak Jenna Schardt. Terlihat pasien berusia 25 tahun itu berbicara dengan dokter.

Kepala neurologi Methodist Dallas Medical Center Nimesh Patel mengatakan bahwa Schardt mengalami stroke karena massa pembuluh darah di lobus temporal kirinya yang mempengaruhi kemampuannya untuk berbicara.

Dia tetap terjaga ketika tengkoraknya dibuka sehingga dokter bisa memastikan mereka tidak merusak bagian otaknya yang mengontrol bicara ketika mereka bekerja. Mereka meminta pasien untuk mengucapkan kata-kata seperti burung, anjing atau nomor untuk membuat “Peta” otaknya, kata Patel.

“Agar kita dapat mengidentifikasi cara mendekati dan menghilangkan massa, kita harus menentukan area yang aman,” kata Patel.

Mereka bahkan bertanya kepada Schardt tentang anjingnya untuk menguji ingatannya selama operasi empat setengah jam. Ia menambahkan bahwa operasi otak dilakukan dengan kondisi pasisen sadar.

Dokter telah melakukan operasi otak selama beberapa dekade terakhir sebagai cara untuk memastikan pasien mempertahankan aktivitas otak yang penting, seperti dalam mengendalikan fungsi bicara atau motorik selama operasi.