China Merchants Group dan Lippo Group Jalin Kerja Sama Bidang kesehatan

Lippo Group dan China Merchants Group akan menjalin kemitraan dalam mengembangkan bisnis di bidang kesehatan di negara Tiongkok. Kerjasama bisnis ini dikabarkan memiliki nilai USD 1 miliar.

“Tahap pertama, Lippo dengan China Merchants Group (CMG) menjalin kerja sama di sektor kesehatan. Tahap kedua, barulah merambah ke sektor pembangunan kota baru dan infrastruktur,” kata CEO Lippo Group James Riady usai penandatanganan MoU dengan CMG di Karawaci, Tangerang, beberapa waktu lalu.

MoU ini merupakan tahap lanjutan dari penjajakan kerja sama yang telah dilakukan selama 2-3 tahun belakangan. CMG merupakan BUMN Tiongkok, yang bisnisnya termasuk salah satu yang terbesar di bidang kesehatan. Sedangkan Lippo sendiri dikinal mumpuni dalam bisnis kesehatan dengan jaringan bisnis Siloam Hospitalnya.

“CMG merupakan satu kelompok usaha besar di dunia dengan nilai aset sekitar USD 2 triliun. Bahkan, untuk sektor keuangan dan perbankan, aset perusahaan tersebut di atas USD 1 triliun. Mereka salah satu yang terbesar di dunia. Mereka juga memiliki pengalaman membangun pelabuhan, kapal, dan kota baru. Jadi, kekuatan mereka digabung dengan kami, kami akan berpatungan,” jelas James.

James melanjutkan bahwa dalam kerja sama ini Lippo akan membawa bendera Indonesia. Menurutnya, Indonesia merupakan suatu bangsa yang besar dengan perekonomian yang terus maju. Apa yang sudah dikembangkan di Indonesia sudah sepatutnya diekspor.

“Lippo Group kan sudah memiliki pengalaman dalam membangun rumah sakit dan mendapatkan expertise yang cukup baik. Kini, kami bekerja sama dengan perusahaan Tiongkok itu, salah satunya dengan membuka rumah sakit di negara tersebut dengan bendera Siloam. Healthcare kan ada macam-macam, ada rumah sakit. RS juga ada yang spesialis atau umum, ada RS untuk orang tua, RS jantung, dan RS otak. Jadi, kami akan kembangkan itu semua, plus klinik,” kata James.

Saat ini, di Tiongkok sudah ada 10 klinik dan satu rumah sakit yang dikembangkan bersama Lippo. Selain di Tiongkok, 12 Rumah Sakit Siloam juga sudah berdiri di Jepang, 4 Rumah Sakit Siloam di Myanmar, serta 100 klinik di Singapura.