RSUD Kanjuruhan Malang Raih Akreditasi Paripurna Bintang Lima KARS

Gambar: tabloidjawatimur.com

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kanjuruhan Malang berhasil meraih akreditasi paripurna bintang lima dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) yang diberikan bulan kemarin. Ini menjadi kado spesial bagi rumah sakit tersebut karena berdekatan dengan ulang tahun mereka ke-52 yang jatuh kemarin, (10/04/2019).

Keberhasilan mereka meraih akreditasi bintang lima ini dilihat dari 16 indikator yang menjadi penilaian tim KARS. Diantaranya adalah Kompetisi dan Kewenangan Staf (KKF), Asesmen Pasien (AP), Hak Pasien dan Keluarga (HPK), dan masih banyak lagi.

“Dari segi fisik bangunan memang masih kurang bagus, namun memenuhi syarat. Untuk sistem manajemen dan data akreditasi, nilai kita 100. Hal ini sepadan karena dari tim rumah sakit banyak yang rela pulang malam , bahkan nggak pulang demi menyempurnakan berkas akreditasi,” ungkap Direktur RSUD kanjuruhan drg.Marhendrajaya MM Sp.Kg.

Dirinya melanjutkan ceruta, sebelum akreditasi RSUD Kanjuruhan melakukan simulasi terkait penilaian ini. Dari nilai minimum kelolosan 80, saat simulasi nilai yang didapat di bawah angka tersebut.

Tak cukup sampai di situ, tim simulasi akreditasi bahkan memprediksi masih butuh satu tahun bagi RSUD ini untuk melakukan pembenahan sebelum siap dinilai. Pasalnya, banyak hal mulai dari fisik bangunan hingga pelayanan yang harus diperbaiki.

“Namun kerja keras teman-teman membuahkan hasil. Dalam waktu tiga bulan (November 2018 – Februari 2019), kita bisa melakukan perbaikan. Hingga menghasilkan penilaian yang memuaskan. Seluruh tim all out untuk akreditasi. Kekompakan semua jajaran rumah sakit ini ternyata menjadi catatan khusus dan mendapat pujian dari tim KARS. Menurut ketua tim, dia belum pernah mengaudit rumah sakit yang sekompak ini. Waktu ditanya apa rahasianya sehingga bisa kompak, saya jawab tidak tahu,” lanjut dr. Mahendrajaya.

Dengan pencapaian ini, banyak keuntungan yang didapat RSUD Kanjuruhan. Misal, bisa mengajukan sebagai rumah sakit pendidikan. Selain itu, diharap akan ada pengakuan dari masyarakat terkait kualitas layanan mereka.

Pun raihan predikat tersebut menjadi suntikan semangat RSUD Kanjuruhan untuk terus menyempurnakan berbagai sektor baik dari segi fisik maupun layanan medis. Memang, di tahun 2020, mereka bertekad untuk menjadi rumah sakit berstandar internasional namun bisa memberikan layanan medis yang maksimal kepada masyarakat Kabupaten Malang khususnya kalangan menengah ke bawah.