Prodia Kini Bisa Mendeteksi Kelainan Hormon dan Kelamin Ganda Pada Bayi

Prodia Laboratorim Klinik. Foto : metrosulawesi.com

PT Prodia Widyahusada Tbk atau dikenal dengan Laboratorium Prodia baru saja melengkapi alat pemeriksaaan kesehatannya yang bisa mendeteksi ketidaksuburan (infertilitas), kelamin ganda pada bayi, kelainan hormon, dan lainnya.

Alat ini didukung oleh teknologi Next Generation melalui pembelian alat Liquid chromatography–mass spectrometry (LCMS-MS) atau Triple Quad MS dari Waters Corporation, Massachusetts, Amerika Serikat.

Triple Quad MS ini dapat digunakan pada panel pemeriksaan hormon steroid yang komprehensif yang dapat menggambarkan kondisi metabolisme secara menyeluruh sehingga dapat memberikan diagnosis dan pemantauan terapi yang lebih baik untuk pasien.

Direktur Utama Prodia Dewi Muliaty mengatakan bahwa dengan alat ini maka memungkinkan Prodia untuk mengukur target pemeriksaan dalam jumlah banyak dalam satu waktu analisis atau multiplex testing.

“Sejalan dengan visi Prodia untuk menjadi Next Generation Health Care Provider, kami akan terus melengkapi alat pemeriksaan kesehatan dengan teknologi terdepan,” kata Dewi seperti dikutip dari siaran pers, Rabu (27/12).

Dirinya menyebutkan juga, saat ini Prodia merupakan satu-satunya laboratorium klinik di Indonesia yang memiliki Triple Quad MS ini.

Research Laboratory Head Prodia Miswar Fattah menambahkan salah satu kelebihan dari alat  ini adalah sensitivitas dan spesifisitasnya yang tinggi.

Selain itu, Tjuga dapat dimanfaatkan untuk pemeriksaan asam amino, asam organik, vitamin, dan kadar obat dalam darah.

“Ke depannya Prodia akan mengembangkan pemeriksaan metabolomik berbasis LCMS-MS, yang dapat mendeteksi ratusan metabolit yang memudahkan mengidentifikasi pasien dengan kelainan metabolik bawaan maupun gangguan metabolik lainnya seperti diabetes,” pungkas Miswar.