Gandeng Milenials, BPJS Siapkan KIS Digital

bpjs-kesehatan.go.id

Perkembangan teknologi yang semakin hari semakin pesat tidak luput dari pantauan BPJS Kesehatan. Salah satu bentuk pemanfaatan teknologi dalam menjalankan amanah sebagai penyedia layanan jaminan sosial kesehatan resmi bagi seluruh penduduk Indonesia, BPJS Kesehatan mengembangkan aplikasi Mobile JKN.

Fitur yang ditawarkan aplikasi ini pun sangat menarik dan memberikan berbagai kemudahan bagi Peserta JKN-KIS (Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat), diantaranya untuk pendaftaran, pengecekan iuran, perubahan data peserta, dan digitalisasi layanan KIS. Berikut MedX mengutip dari situs jamkesnews.com sebuah wawancara dengan Elvina Masri (19), salah satu dari 200 juta peserta JKN-KIS di seluruh Indonesia.

Vina, sapaan akrabnya, sudah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS sejak bulan April tahun 2017. DIa didaftarkan oleh orang tuanya dengan memilih hak perawatan kelas 2. Selain itu, orang tuanya memilih salah satu klinik swasta sebagai fasilitas kesehatan tingkat pertamanya.

“Sebagai mahasiswa di bidang kesehatan, saya paham betul bahwa biaya pengobatan sangat mahal. Karena itu, program JKN-KIS ini sangat berguna dalam meringankan biaya pelayanan kesehatan, apalagi bagi masyarakat menengah ke bawah. Semoga program ini terus ada dan berkontribusi penuh untuk menjamin kesehatan masyarakat,” kata Vina.

Sama seperti generasi milenial lainnya, Vina termasuk orang yang melek teknologi. Dalam kesehariannya, Vina selalu memanfaatkan smartphone yang dimilikinya, tidak hanya untuk berkomunikasi, tetapi juga untuk hal-hal lain seperti browsing, gaming, bahkan untuk menggunakan aplikasi Mobile JKN.

“Sebagai seorang mahasiswa, saya tidak memiliki waktu untuk datang ke kantor BPJS Kesehatan, begitu pula orang tua saya yang harus berdagang. Jadi, dengan adanya aplikasi Mobile JKN ini sangat membantu kami, terutama untuk urusan pindah klinik atau Puskesmas dan ketika lupa membawa kartu. Orang tua saya pernah lupa membawa kartu ketika berobat, untungnya ada KIS Digital yang bisa diakses dari aplikasi Mobile JKN, jadi bisa menghemat waktu karena tidak peru bolak-balik ke rumah untuk ambil kartu,” ucap Vina.

Namun Vina tetap member masukan penting bagi Lembaga Pemerintah ini, yaitu agar BPJS Kesehatan terus menciptakan inovasi untuk mempermudah dan meningkatkan kepuasan peserta.

“Sukses untuk BPJS Kesehatan, semoga tetap amanah dalam mengelola Program JKN-KIS, ciptakan terus inovasi yang bermutu untuk kepuasan peserta,” pesan Vina.