Perangkat Pintar Amazon Ini Bisa Menjadi Konsultan Kesehatan Penggunanya

Dinas Kesehatan pemerintah Inggris akan berkolaborasi dengan Amazon untuk mengintegrasikan informasi dalam situs NHS, program layanan kesehatan milik mereka ke dalam Alexa, perangkat pintar besutan perusahaan teknologi yang digawangi Jeff Bezos tersebut.

Nantinya, pengguna Alexa bisa mengajukan pertanyaan-pertanyaan terkait kesehatan serta solusinya, dan berbekal teknologi kecerdasan buatan, perangkat tersebut akan menjawab. Misalnya, “Alexa, bagaimana saya mengobati migrain?” dan “Alexa, apa saja gejala cacar air?”

NHS mengatakan kolaborasi ini akan bermanfaat khususnya bagi para lansia, tuna netra, atau siapapun yaang kondisinya tidak bisa dengan mudah mengakses internet. Selain itu, kolaborasi ini bisa meringankan kerja para dokter di NHS dari menajawab pertanyaan dasar yang berulang-ulang.

Terkait keamanan dan kerahasiaan data pengguna, pihak Amazon mengaku tidak akan membagikan informasi apa pun dari program NHS ini kepada pihak manapun.

“Kepercayaan pelanggan adalah yang paling penting, dan Amazon sangat memperhatikan privasi,” kata juru bicara Amazon seperti dilansir oleh situs CNET.