Perangkat Fotonik Genggam Terbaru Untuk Mengukur Kekakuan Arteri

strategicwater.be

Kolaborasi besar sembilan organisasi riset Eropa, termasuk Imec dan raksasa perangkat kesehatan Medtronic, mengembangkan perangkat purwarupa yang membantu pengukuran cepat dan mudah untuk arterial stiffness (kekauan arteri). Teknologi ini terbilang penting, karena kekakuan arteri adalah penanda tingginya tekanan darah, namun belum ada metode handal yang dapat mengukurnya tanpa harus membutuhkan peralatan khusus dari kardiologis.

Peralatan ini berbentuk mirip pengering rambut, namun mampu memancarkan sinar laser berkekuatan rendah yang berfungsi dengan chip fotonik silikon khusus untuk mendeteksi pergerakan yang sangat kecil dari kulit yang berada diatas arteri. Untuk menggunakan perangkat ini, operator, yang tidak membutuhkan pelatihan khusus, cukup hanya harus mengarahkannya ke arteri yang sudah diketahui berada dekat kulit dan segera menembakkan laser untuk mengenainya. Scanner kemudian akan memantau pergerakan kulit dan menerjemahkannya kedalam pengukuran Aortic Pulse Wave Velocity (aPWV), sehingga kekakuan arteri bisa dianalisis.

Perangkat ini seharusnya berharga murah, yang direncenakan diproduksi setelah feasibility studynya selesai. Purwarupa pertama sudah diujicoba terhadap 100 pasien di Georges Pompidou European Hospital di Paris, Prancis, termasuk pada penderita gangguan kardiovaskuler. Studi tersebut menunjukkan korelasi positif dengan metode lama dalam pengukuran kekakuan arteri dan para peneliti yakin beberapa tahun mendatang produk ini akan menjadi sangat umum digunakan bagi para praktisi kesehatan.