Pengesahan FDA untuk Abbott TactiCath Contact Force Ablation Catheter

Gambar: medgadget.com, eplablive.com

Abbott baru saja menerima pengesahan untuk produk inovatifnya TactiCath Contact Force Ablation Catheter, dengan Sensor canggih terbaru. Perangkat ini, sudah disahkan di Eropa beberapa tahun lalu, yang digunakan untuk proses ablasi jaringan kardiak sebagai bagian dai penanganan fibrilasi atrial. Dilengkapi sensor tekanan yang menyediakan respon balik atas penanganan yang berikan kepada jaringan kardiak, sehingga membantu memastikan jumlah ablasi yang tepat dilakukan.

Bekerjasama dengan perusahaan EnSite Precision cardiac mapping system, ujung catheter dapat dipandu menuju target lokasi jaringan yang rusak dan bersamaan dengan memetakan anatomi yang relevan secara langsung, termasuk aktivitas elektrikal, dan lokasi catheter didalamnya.

Sensor magnetik digunakan untuk menemukan posisi catheter dalam jantung dan saat ablasi dilakukan, sistem akan memantau terus menerus untuk memastikan energi yang cukup dikirimkan dan hanya dikirimkan saat ujung perangkat mengenai jaringan kardiak.

Perangkat ini dirancang untuk menggapai anatomi yang relatif sulit dicapai, dengan perbandingan 1:1 transfer tubuh dari genggaman hingga ujung perangkat yang membantu penempatan perangkat secara tepat dan teliti.

“Ablasi Kardiak sudah menjadi metode terapi andalan untuk menangkal kondisi seperti fibrilasi atrial berkat adanya kemajuan teknologi yang tersedia dewasa ini.” Ujar Roger Winkle, M.D., elektrofisiologis di Sequoia Hospital di Redwood City, California.

“Abbot TactiCath SE ablation catheter mewakili salah satu kemajuan besar tersebut, dan menawarkan kombinasi yang sangat kuat, namun mudah digunakan dari teknologi maju dengan cara meningkatkan kualitas prosedur ablasi.”