Klinik Satelit UI Buka Layanan Vaksin Difteri Untuk Orang Dewasa

Tak hanya anak-anak, orang dewasa juga perlu divaksinasi untuk mencegah penyakit difteri yang sedang tengah mewabah. Difteri adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium dan biasanya menyerang amandel, tenggorokan, hidung, serta kulit. Penyakit ini menyebar dengan cepat melalui partikel udara lewat batuk, bersin, atau bernapas. Bahayanya, jika dibiarkan difteri bisa menyebabkan kematian.

Klinik Satelit Universitas Indonesia (UI) tanggap merespon kondisi ini dengan menggelar program pemberian vaksinasi difteri bagi warga UI dan masyarakat umum yang berusia di atas 18 tahun, di Kampus UI Depok, sejak 17 Desember 2017 lalu.

Bagi warga yang berminat untuk mengikuti program ini, dapat mendaftar sebelumnya melalui nomor telepon (021) 78881017 atau datang langsung ke Klinik Satelit UI untuk melakukan pengaturan jadwal vaksinasi.

“Bagi masyarakat di rentang usia di bawah itu (18 tahun), akan kami rekomendasikan ke Puskesmas setempat untuk diberikan vaksin difteri gratis dari pemerintah,” jelas Kepala Klinik Satelit UI DR. dr. Astrid W.Hardjono,M.PH., SpOk, dalam keterangan tertulis, Sabtu (30/12).

Astrid juga menjelaskan bahwa meskipun program ini berbayar, tetapi Klinik Satelit UI tidak mengambil keuntungan. Sebab, uang yang dibayarkan peserta digunakan untuk membeli vaksin difteri.

Selain itu, Fakultas Kesehatan UI juga bekerja sama dengan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) menyediakan pelayanan vaksinasi difteri bagi orang dewasa dengan harga terjangkau. Pelayanan ini bisa didapatkan di Klinik Imunisasi Dewasa RSCM lantai 5.

“Dengan diberikannya vaksinasi, diharapkan masyarakat terhindar dari penularan difteri,” tegas Astrid. Melalui program tersebut, Astrid berharap mengurangi wabah difteri dan masyarakat juga semakin sadar akan pentingnya upaya pencegahan penyakit, termasuk vaksinasi.