Anak Perusahaan Kalbe Menjadi Distributor Perusahaan Diagnostik Asal Spanyol

PT Enseval Medika Prima (EMP) yang merupakan anak perusahaan PT Kalbe Farma Tbk., mendapat lisensi sebagai sole distributor untuk produk hemostasis dan analisa gas darah dari Werfen yang merupakan perusahaan asal Spanyol.

Werfen sendiri adalah perusahaan kesehatan yang fokus pada produk diagnostik in vitro (IVD) untuk hemostasis, diagnostik perawatan akut dan autoimunitas.

Taruna Widjaja, Presiden Direktur EMP menyatakan kerjasama dengan Werfen juga didorong untuk meningkatkan pengetahuan para dokter patologi klinik dan tenaga ahli di bidang diagnostik laboratorium.

“Kami ingin memberikan perkembangan terakhir tentang perkembangan ilmiah untuk menunjang diagnostik hemostasis dan critical care,” kata Taruna dalam keterangan resmi, yang dikutip dari situs bisnis.com.

Taruna menyatakan bahwa rumah sakit dan laboratorium kesehatan di era jaminan kesehatan nasional memiliki beragam tantangan yang harus diselesaikan. Tantangan terbesar yakni memberikan layanan terbaik kepada masyarakat namun disaat yang sama harus mampu mengontrol biaya dan meningkatkan efisiensi.

“Ini sejalan dengan fokus EMP sebagai salah satu anak perusahaan dari Kalbe group yang bergerak dibidang alat kesehatan dan diagnostika di Indonesia untuk memberikan solusi yang berkualitas dalam menjawab tantangan pemeriksaan hemostasis dan analisa gas darah di Indonesia,” tegasnya.

Untuk diketahui, pemeriksaan hemostasis berfungsi untuk mengetahui adanya gangguan fungsi pembekuan darah apakah sulit membeku atau terlalu mudah membeku. Sedangkan pemeriksaan gas darah diperlukan untuk mengetahui kondisi vital tubuh dari tekanan parsial oksigen, karbondioksida, asam basa dan kadar ion tubuh. Pemeriksaan gas darah diperlukan hasilnya dalam waktu singkat untuk memonitor kondisi pasien.