Pemerintah Sumba Barat Daya Bangun 12 Gedung RSUD Tambahan

Pembangunan 12 unit gedung baru RSUD SUmba Barat Daya. (Foto: Akun Youtube Kaleku Dotnet)

Berbekal alokasi anggaran dari Kementerian Kesehatan RI sebesar Rp 30 miliar, Kabupaten Sumba Barat Daya tengah membangun tambahan gedung untuk rumah sakit umum daerah (RSUD) sebanyak 12 unit. Tak hanya itu, dana tersebut rencananya juga akan digunakan untuk pengadaan alat-alat kesehatan.

Dikutip dari Pos Kupang, Bupati Kabupaten Sumba Barat Daya Markus Dairo Tallu, S.H menargetkan pembangunan dan pengadaan alat kesehatan tersebut rampung pada akhir Desember 2017 dan akan resmi beroperasi pada awal Januari 2018. Dirinya juga mengatakan bahwa penambahan gedung RSUD tersebut akan meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat di daerahnya.

12 Unit gedung baru itu dibangun di atas lahan seluas 10 ha dan berlokasi di Desa Weelonda, Kecamatan Kota Tambolaka. Dikatakan bahwa letaknya cukup strategis sehingga dapat mempermudah akses bagi masyarakat SBD dari wilayah Kodi, Wewewa dan Loura.

Bupati MDT meminta dukungan penuh masyarakat SBD agar proses pembangunan gedung RSUD lebih cepat rampung sehingga secepatnya dapat beroperasi guna melayani masyarakat SUmba Barat Daya. Untuk diketahui, sebelumnya pada tahun anggaran 2017, pemerintah Kabupaten mendapat alokasi anggaran tahap I pembangunan gedung RSUD Tambolaka sebesar Rp 7 miliar.