Sumatera Utara Kini Punya Rumah Sakit Bergerak, Berikan Pengobatan Gratis

Gambar: IDN Times

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut), meresmikan rumah sakit berjalan atau “Accuplast Cleft Mobile Operation” pada Rabu (19/6).

Rumah sakit berjalan spesialis untuk layanan bedah tersebut diresmikan langsung oleh Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmyadi. Dirinya mengharapkan bahwa rumahs akit berjalan ini bisa ada di kabupaten/kota di Sumut.

“Ini yang kita harapkan ada sejak dulu. Jika semua daerah memiliki rumah sakit bergerak seperti ini, maka kualitas kesehatan masyarakat bisa semakin ditingkatkan,” tegas Edy sebagaimana MedX kutip dari situs IDN Times.

Nantinya, rumah sakit berjalan ini akan memberikan layanan kesehatan berupa penyembuhan penyakit dalam, khitan, hernia, bibir sumbing, penyakit gigi dan mulut, hingga konsultasi kesehatan. Pihak Pemprov memastikan, warga Sumut bisa mendapatkannya seara gratis.

Adapun hadirnya rumah sakit berjalan ini diinisiasi oleh para dokter di Sumut. Diantaranya bahkan ikut menumbang peralatan medis dan obat. Pun dengan biaya operasionalnya, merupakan hasil swadaya dari para donatur.

Alwi Mujahit, salah satu inisiator mengaku bahwa rumah sakit ini ditujukkan untuk melayani masyarakat secara kolektif.

“Banyak di daerah terpencil yang sulit untuk mendapatkan kesehatan yang layak. Ini kita buat agar bisa menyentuh itu. Untuk operasionalnya, bus ini masih menggunakan swadaya dari para donatur berjiwa sosial, tapi dengan respons positif dari Bapak Gubernur Edy Ramayadi mungkin nanti bisa dibantu dianggarkan,” ucap Alwi.

Alwi juga menjelaskan bahwa Ruang Operasi Mobile berbentuk bus ini adalah prototipe original pertama di Sumut.