Pasca Ricuh Demonstrasi, Rumah Sakit di Jakarta Rawat Ratusan Korban

Pasca demonstrasi besar yang berakhir ricuh di sejumlah titik di Jakarta, ratusan korban luka dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan.

“Data per tadi pagi jam 07.30 pagi ini ada 210 orang yang dibawa ambulans ke rumah sakit. Dari ratusan orang yang dilarikan ke rumah sakit ini, lanjut Anies tak semuanya dirawat inap,” papar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Kendati begitu, Anies belum bisa merinci pasien yang terluka parah dan saat ini masih dirawat di rumah sakit. Pun dirinya belum bisa menjelaskan jumlah pasien yang langsung dipulangkan usai mendapat penanganan medis.

Intinya, kebanyakan dari para pasien tersebut dilariakan ke Rumah Sakit Pertamina. Sebelumnya, Anies meminta aparat keamanan yang bertugas mengamankan kawasan Gedung DPR/MPR RI tetap mengikuti aturan sebaik-baiknya.

“Saya mengimbau kepada seluruh aparat yang bertugas di lapangan agar mengikuti SOP (standar operasional prosedur) penanganan dengan baik,” tegasnya.

Pasalnya, Anies mengemukakan bahwa aparat yang ditugaskan mengamankan jalannya unjuk rasa kali ini bekerja atas nama negara. Lantaran bekerja dengan membawa nama negara, apupun tindakan para aparat bakal dihubung-hubungkan dengan negara.