Manfaat Disrupsi Industri 4.0 Bagi Produsen Alat Kesehatan

Gambar: camstar.industrysoftware.automation.siemens.com

Produsen alat kesehatan (alkes) menghadapi berbagai tantangan dan tuntutan terkait produk mereka dalam ruang lingkup persyaratan, standar kualitas, dan regulasi tertentu. Perusahaan alkes yang memproduksi perangkat diagnostik untuk pemeriksaan kanker, perangkat disposable seperti jarum suntik, atau perangkat implan seperti stent untuk pasien gangguan jantung, proses pembuatannya dituntut untuk bebas dari kesalahan sekecil apapun, sehingga mampu memberikan hasil maksimal ketika digunakan dalam layanan kesehatan. Untuk mencapai target tersebut memang tidaklah mudah, sehingga perusahaan berinvestasi lebih banyak pada teknologi peralatan pabrik.

Dengan pesatnya Industri 4.0 dan Internet of Things (IoT), produsen alkes semakin menyadari memanfaatkan teknologi ini dalam kegiatan operasionalnya. Karena diklaim tidak hanya bisa meningkatkan hasil dan kualitas namun juga banyak manfaat lainnya.

Mengintegrasikan otomatisasi dan teknologi informasi

Produsen alkes disarankan untuk menerapkan otomatisasi bukan hanya untuk proses individu, namun juga bagi seluruh perusahaannya guna membantu mereka memenuhi persyaratan standar kualitas yang ketat oleh pemerintah setempat di tiap negara. Ini berarti otomatisasi lengkap dan penanganan keseluruhan rantai nilai, termasuk pengujian produk, inspeksi, pengemasan, penyimpanan, dan penerimaan.

Mendengar kata otomatisasi pasti akan langsung memicu pandangan keadaan pabrik perakitan yang dipenuhi robot dan permesinan. Namun, masa depan otomatisasi juga terletak pada fungsi “dibelakang layar” pengumpulan dan manipulasi data. Misalnya, ketika pemerintah berwenang membutuhkan dokumentasi parameter dan deviasi mesin dengan basis per bagiannya, pengumpulan data otomatis akan membantu parameter perakitan dikumpulkan dan disimpan secara otomatis, dan selanjutnya dicatat ke file yang terikat dengan nomor seri tertentu, dan menyediakan verifikasi per bagian yang dibutuhkan.

Kunci untuk mencapai tujuan ini tidaklah semudah dengan mengadopsi lebih banyak otomatisasi. Namun terletak pada prinsip dasar Industri 4.0, yaitu perpaduan otomatisasi dan teknologi informasi (IT).

Inisiatif Industri 4.0 mendorong keterbukaan dan kemudahan penggunaan

Salah satu contoh solusi yang menunjukkan koneksi antara otomatisasi dan IT aadalah platform Open Core Engineering, yang memadukan software tools, functional toolkits, open standards, dan teknologi Open Core Interface.

Open Core Interface membantu para programmer dan operator menggunakan platform software terkenal – seperti LabVIEW milik National Instrument, Java, atau CATIA – untuk mengendalikan mesin, menghilangkan kebutuhan mempelajari tangga logika atau Bahasa pemrograman lain. Platform tersebut mencakup Software Development Kits (SDK) yang bisa digunakan, misalnya dalam Excel VBA untuk menciptakan user interface atau mengendalikan sumbu pergerakan. Kemudian sumbu tersebut dapat dijalan langsung dari Excel, atau program yang dapat didorong dari Excel menuju PLC.

Pada laboratorium medis yang lebih kecil, dimana teknisi bekerja langsung dengan sistem otomatisasi, seringkali perubahan program dibutuhkan, juga titik pengujian, dan parameter mesin lain yang spesifik terhadap sampel yang diuji. Open Core Interface membantu perakit mesin atau pengguna akhir menciptakan interface yang menyediakan teknisi akses ke level tertentu pengendali mesin untuk menyesuaikan dan mengubah operasinya. Begitu interface dibuat, tablet mobile sederhana dengan Excel dapat memindahkan interfacenya ke PLC. Ini adalah alternatif dari HMI setingkat machine-grade. Interface tersebut juga menawarkan aspek portabilitas, konektivitas wi-fi, dan Bluetooth yang sudah terpasang.

Interface mesin juga berfungsi sebagai akar dari pengumpulan data, namun manfaat Industri 4.0 yang sesungguhnya adalah penggunaan data – pelacakan produk, pengurangan eror, atau stabilitas proses – seluruh proses yang berperan penting dalam perakitan peralatan dan perlengkapan kesehatan. Pengendalinya, atau IoT gateway, adalah inti dari berbagai solusi yang ditawarkan Industry 4.0, membantu pengguna mengumpulkan data dan menyebarkan atau menggunakan data tersebut dalam cara yang juga mampu meningkatkan kualitasnya, mengurangi waktu turnaround, dan memenuhi persyaratan regulatori. Software seperti ActiveCockpit berperan sebagai platform komunikasi interaktif yang akan memproses dan menyajikan produksi data dalam waktu real-time, terhubung dengan mudah dengan sistem back-end MES atau ERP, memungkinkan diagnosis cepat dan optimisasi mesin dan proses.

Misalnya, prinsip Open Core Engineering digunakan dengan dorongan frekuensi variabel EFC, yang mencakup kapabilitas jaringan dalam kendali jarak jauh dan pemantauan. Saat digunakan dengan VarioFlow plus conveyor systems, pengguna memiliki akses bebas ke mesin melalui konektivitas wireless atau Bluetooth. Konektivitas tersebut membantu operator menyesuaikan kecepatan, memeriksa kode diagnostik, memantau parameter mesin, atau bertindak sesuai clearance level mereka tanpa harus sekalipun membuka sumber elektrik atau memanggil seluruh departemen engineering untuk dukungan teknis. Personil maintenance juga dapat diingatkan atas gangguan yang terjadi melalui e-mail atau pesan singkat dan menerima kode diagnostik tanpa harus mengunjungi mesin dan terhubung dengannya.

Tentu saja, keamanan atas data yang dikumpulkan, disimpan, dan disebarkan melalui IoT dan aplikasi Industry 4.0 merupakan subyek signifikan dalam perakitan peralatan kesehatan dan industri diagnostik. Semakin banyak data yang tersedia, maka semakin besar pula peluang datanya tidak digunakan dengan benar. Tidak mustahil kapanpun IoT gateway digunakan pada mesin, terdapat resiko kebocoran atau peretasan. Keamanan masih menjadi faktor terbesar dalam penerapan dan integrase prinsip Industri 4.0, jadi baik pengguna maupun pabrikan mesin perlu memahami resikonya dan bagaimana cara menangkal atau setidaknya menguranginya. Berdasarkan aplikasi berbasis cloud yang digunakan dengan autentifikasi sertifikat, dan VPN industrial eksternal direkomendasikan untuk akses remote yang aman.