Google Akuisisi Startup Pembuat Aplikasi Kesehatan Berbasis Smartphone

Sumber gambar : mobihealthnews

Perusahaan internet raksasa, Google dikabarkan resmi mengakuisi startup pembuat aplikasi kesehatan bernama Senosis Health dengan nilai yang tidak diketahui. Senosis Health didirikan oleh Shwetak Patel, seorang ilmuwan komputer asa Universitas Washington.

Startup ini aktif memanfaatkan teknologi smartphone sebagai perangkat pemantau kondisi pasien, mengumpulkan metrik kesehatan dan memberikan layanan seperti mendiagnosis fungsi paru, jumlah hemoglobin dan informasi kesehatan penting lainnya.

Perusahaan ini telah memproduksi sejumlah aplikasi smartphone, diantaranya SpiroSmart, Spirocall, HemaApp dan OsteoApp, yang kesemuanya dalam proses ijin edar oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA).

Aplikasi besutan Senosis memanfaatkan peralatan yang terintegrasi dengan smartphone, termasuk kamera canggih, akselerometer dan mikrofon untuk melakukan diagnostik yang awalnya tidak dirancang untuk alat tersebut.

“Sensor yang sudah ada di ponsel bisa dipasang kembali dengan cara baru yang menarik, di mana Anda benar-benar bisa menggunakannya untuk mendiagnosis jenis penyakit tertentu,” kata Patel.

Namun sampai berita ini diturunkan, masih belum ada pernyataan resmi dari pihak Google terkait akuisisi tersebut. Saat ini, Senosis sedang dalam proses mengumpulkan pendanaan Seri A.