Gelar Youth Town Hall Nasional, Kemenkes Libatkan Pemuda Dalam Pembangunan Kesehatan

Gambar: Kemenkes

Bekerjasama dengan Badan Kesehatan Dunia (WHO), Kementerian Kesehatan bersama Badan Kesehatan Dunia (WHO) pada Kamis (21/03) lalu menggelar forum pemuda Youth Town Hall Nasional di Jakarta yang merupakan cikal bakal pembangunan kesehatan dengan melibatkan pemuda. Perhelatan ini melibatkan seribuan pemuda dari daerah-daerah di Indonesia yang diharapkan memberikan aspirasi terkait dengan dunia pemuda.

“Kami harapkan akan ada umpan balik, kami ingin mendengarkan suara dari berbagai perspektif,” ungkap Nia Moeloek yang juga hadir pada acara itu. Dirinya berharap forum pemuda Youth Town Hall Nasional menghasilkan mekanisme keterlibatan pemuda dalam pembangunan kesehatan.

Dan untuk melibatkan pemuda dalam pembangunan kesehatan, dalam waktu dekat harus dibuktikan dengan tercapainya bonus demografi 2020-2030 serta perlu menjaga kualitas kesehatan mereka.

“Indonesia punya 63 juta pemuda, 20 persen dari total penduduk Indonesia. Perlu strategi khusus memaksimalkan peran anak muda sebagai warga negara. Saya yakin pemuda Indonesia mau mengabdikan dirinya untuk Indonesia,” kata Nila.

Sebelumnya, Youth Town Hall telah diadakan tingkat regional Asia Tenggara melibatkan pemuda perwakilan dari 11 negara anggota WHO (SEAR).