Aplikasi Baru Pemantau Luka Bakar Dari ClinMAPS PRO

mobihealthnews

Aplikasi pemantau luka digital pertama akan segera hadir untuk petugas medis yang merawat pasien dengan luka bakar.

Terapis Senior untuk Pelayanan Luka Bakar di Royal Adelaide Hospital (RAH) di Australia, Tanja Klotz, mengatakan ClinMAPS PRO akan dimanfaatkan untuk kepentingan pasien dan penelitian akurasi penilaian tingkat luka bakar yang diperlukan kapanpun.

“Aplikasi ini membutuhkan foto luka bakar pasien dan membandingkannya dengan foto yang lain, untuk memberi skor yang menunjukkan seberapa aktif luka tersebut.” Ujar Klotz.

“Bersamaan dengan pemulihan luka, skornya akan naik jika luka tersebut bertambah parah atau berkurang jika sebaliknya, menyediakan data bagi petugas medis dan pasien sendiri dengan indicator perkembangan luka dan efektivitas perawatan sebelumnya yang digunakan pada luka awal.”

“Skala rating luka lainnya menggunakan angka atau tulisan untuk menggambarkan lukanya, namun karena setiap luka berbeda, foto bisa menggambarkan perbandingan yang lebih baik. Aplikasi juga menciptakan laporan awal yang dapat dicetak atau kirimkan melalui e-mail, dan mencakup kuesioner berfokus pasien, yang akan menyediakan feedback bagi kepentingan diri mereka sendiri.”

Aplikasi ini dirancang berdasarkan buku, Matching Assessment using Photographs with Scars (MAPS), yang dikembangkan tahun 2005 lalu oleh Margot Masters dan Margaret McMahon, terapis yang bekerja dengan pasien luka bakar di RAH.

Walaupun hardcopy sudah dicetak dan dijual umum oleh pihak rumah sakit, aplikasi akan membuat informasi informasi yang tersedia lebih siap diakses oleh para petugas klinis dan terapis seluruh dunia, dan pada akhirnya bermanfaat bagi pasien diseluruh dunia.

Pengembangan aplikasi ini didanai oleh AusHealth, perusahaan privat dari Adelaide yang mengkomersialisasikan riset medis di Australia Selatan.

Chief Executive Officer and Managing Director of AusHealth, Greg Johansen, mengklaim bahwa ini aplikasi pertama dan merupakan pengembangan yang menarik bagi RAH.

“Aplikasi ini akan mencakup gambar yang lebih baik dan update dibanding buku referensi yang sebelumnya digunakan, dan akan membantu peneliti yang memeriksa efek perawatan yang berbeda.” Jelas Johansen.

“ClinMAPS adalah contoh luar biasa hasil karya para talenta yang kami miliki dalam mengembangkan digital healthcare di Australia Selatan dan kami percaya ini akan menjadi aset besar untuk menolong semua pasien luka bakar dan para petugas klinis untuk mengenali penanganan yang tepat untuk penyembuhannya.”

Di Singapura sebelumnya, CARES4WOUNDS aplikasi pemantau luka yang mampu menampilkan citra berformat 3D untuk luka, pengukuran, pencatatan, dan perkembangan pemantauan akan diterapkan di Panti Werdha Ren Ci pada semester awal 2019 mendatang.

ClinMAPS PRO kini tersedia untuk diunduh atau dibeli di app store Apple.