Didukung Alat Medis Canggih, Rumah Sakit Asal Malaysia Tawarkan Konsep Medical Tourism

Sunway Medical Center. Foto: onedaymd.blogspot.com

Sunway Medical Centre, sebuah rumah sakit asal Malaysia menawarkan konsep medical tourism bagi pasiennya. Konsep tersebut berupa pengobatan medis dengan pariwisata.

Hal tersebut diungkapkan saat rumah sakit yang terletak di yang berlokasi di Sunway Resort City, Malaysia tersebut menggelar diskusi kesehatan di Bandung beberapa waktu lalu. Dalam kesempatan tersebut rumah sakit itu memperkenalkan sejumlah alat-alat medis canggih untuk pengobatan kanker dan parkinson di Malaysia.

“Lokasi kami berada di Jalan Lagoon, di sana kawasan terpadu, selain ada Sunway Medical Centre, di sana ada juga tiga hotel berbintang dan pusat perbelanjaan. Jadi pasien yang mau berobat ke kami bisa berobat sambil jalan-jalan,” kata Senior Manager Business Development Sunway Medical Centre Faith Tang.

Menurut dia, konsep tersebut menjadi solusi komprehensif untuk pasien yang membutuhkan lingkungan penyembuhan. Dengan demikian pasien bisa dengan mudah mencari perawatan, bermain, berbelanja, semuanya dalam satu kawasan.

RS Sunway Medical Centre, kata dia, adalah salah satu rumah sakit swasta di Malaysia yang memiliki fasilitas terkini dan modern. Dilengkapi dengan alat perawatan kanker di antaranya Gamma Knife ICON, Truebeam STX, IORT (kanker payudara), Da Vinci (kanker prostate), branchy therapy, PET CT Scan dan Spect-CT scan.

Berbagai Peralatan Medis Canggih

Salah satu alat medis canggih yang bisa dikenalkan kepada warga Bandung adalah Leksell Gamma Knife Icon, yakni sebuah mesin radiasi canggih yang dapat digunakan untuk mengobati sejumlah gangguan neurologis dan kondisi otak yang biasanya membutuhkan bedah saraf terbuka.

Kemudian ada Radiosurgery otak Gamma Knife ICON, yakni alat radiosurgery yang paling tepat untuk pengobatan tumor kranial dan kondisi neurologis fungsional lainnya dan sistem ini menggunakan serangkaian 192 balok sinar gamma yang tepat menghasilkan dosis radiasi pekat yang kuat saay berkumpul di tempat perawatan.

Secara khusus, Gamma Knife ICON Surgery adalah salah satu perawatan yang paling efektif untuk tumor otak metastatik atau kanker dari bagian lain dari tumbuh yang telah menyebar ke otak.

Pengobatan Gamma Knife menyediakan antara 84 hingga 97 persen kendali tumor lokal dan pasien dengan beberapa metastatos dapat diobati dengan Gamma Knife dalam satu atau terkadang beberapa sesi dan ini dapat digunakan untuk mengobati sejumlah gangguan neurologis termasuk metastase otak, malformasi, arteriovenosa, nyeri saraf wajah, meningioma dan tumor hipofisis.

Untuk pengobatan kanker serviks, Konsultan Ahli Kebidanan dan Dokter Sakit Puan Sunway Medical Centre, dr. Sharmina Kamal menuturkan rumah sakit ini memiliki sebuah layanan bernama Brach Therapy yakni pengobatan standar emas untuk kanker serviks karena memberikan dosis radiasi yang tinggi ke tumor tanpa meningkatkan efek samping yang berkaitan dengan pengobatan.

“Dari segi waktu, pasien kanker serviks yang stadium awal jika menjalani Branch Therapy tidak perlu dilakukan kemoterapi dan sisi biaya juga lebih hemat,” pungkasnya.