Richmar luncurkan Elektroda Anti-Microbial

Gambar: richmarweb.com

Richmar, produsen alat kesehatan asal Amerika Serikat memperkenalkan elektroda anti-microbial yang berfungsi mencegah infeksi bagi pengguna perangkat elektroterapi.

Elektroda MicroBlock dirancang untuk menekan dan memusnahkan pertumbuhan bakteri penyebab penyakit umum dan superbug seperti Staphylococcus Aureus Anti-Methicillin (MRSA) pada pasien yang menggunakan perangkat Stimulasi Syaraf Elektrik Transcutaneous (TENS) di rumah sakit, pusat rehabilitasi atau instalasi medis lainnya.

Elektroda MicroBlock efektif melawan bakteri yang berada dalam area “zona perlambatan” – yaitu area yang langsung mengelilingi dan terdapat dalam elektroda. Hasil pengujian MicroBlock diantaranya:

  • Zona perlambatan disekitar permukaan elektroda MicroBlock mencapai 5.65 mm saat diamati.
  • Tidak terdapat pertumbuhan bakteri E. Cloaceae (CRE), S. Aureus (MRSA), E. Coli (misalnya ESBL), E. Faecalis (VRE), P. Aeruginosa atau A. Baumannii.
  • Efektivitas yang ditunjukkan elektroda antimicrobial mencapai hampir 100% saat mengurangi pertumbuhan keenam mikroorganisme tersebut.

“Pengujian ilmiah MicroBlock, dalam riset dan pengembangan selama 16 bulan, telah membuktikan keampuhannya dalam memusnahkan bakteri penyebab infeksi.” Ujar senior VP Richmar Ryan Moore.

Ryan moore melanjutkan, bukti pengujian menunjukkan bahwa bakteri dapat disebarkan melalui elektroda dari satu penanganan ke penanganan lainnya, dengan potensi menularkan bakteri ke pasien sasat sistem imun mereka tidak dalam kondisi baik.

“Bahkan CDC memperkirakan 1 dari 31 pasien rumah sakit setidaknya memiliki satu kasus infeksi akibat layanan kesehatan. MicroBlock mengurangi resiko ini dengan memusnahkan mikroba pada permukaan elektroda saat penanganan,” pungkas Ryan.