Canggih, Termometer Ini Hanya Berukuran Sebesar Perangko

Gambar: www.mobihealthnews.com

Temp Pal adalah termometer nirkabel untuk membantu memantau suhu tubuh secara real-time dan memberi peringatan kepada penggunanya melalui alarm. Alat kesehatan canggih ini sdikembangkan oleh sebuah startup asal Taiwan bernama iWEECARE.

Canggihnya, plester fleksibel lunak yang berukuran hanya sebesar perangko, tepatnya berukuran 1.1 x 1.0 x 0.1 inci ini hanya berbobot 3 gram. Termometer ini dilengkapi baterai tipis khusus yang kuat bertahan 2 hingga 3 hari, serta koneksi Bluetooth.

iWEECARE selaku pengembang mengklaim bahwa tingkat akurasinya juga sangat tinggi, serta hasil pengukuran suhu tubuh menggunakan temp pal sudah diverifikasi dan divalidasi oleh laboratorium pihak ketiga terpercaya, yang meloloskan uji pengukuran temperatur tubuh tingkat klinis.

Tak hanya itu, Temp Pal mampu mengirim data hasil ukur suhu tubuh pengguna ke cloud  melalui aplikasi mobile, serta menampilkan diagram real-time dan peringatan yang dibutuhkan. Teknologi ini diharapkan bisa mempermudah rumah sakit dan klinik untuk proses pengambilan keputusan lebih cepat.

“Pengukuran suhu tubuh berkelanjutan penting bagi anak-anak, pasien, dan pasangan yang sedang merencanakan kehamilan. Termometer tradisional bergantung kepada perilaku manusia dan uji periodiknya, mengakibatkan terganggunya kualitas hidup dan pengambilan keputusan kesehatan yang kurang tepat. Perusahaan kami berharap mampu mengatasi masalah ini dengan solusi yang ramah dan nyaman,” ujar Glen Tseng, CEO iWEECARE.

Dan kabarnya, iWEECARE selaku pengembang telah berhasil meraih pendanaan Pre-Series A sebesar USD 1 Juta dari Verge HealthTech Fund, Translink Capital dan Darwin Venture. Startup kesehatan asal Taiwan ini juga dikabarkan menerima pengesahan ijin untuk memasarkan termometer terkecil di dunia ini ke kawasan Eropa dan Taiwan.

Pun beberapa pihak memprediksi Temp Pal bisa mendatangkan omset penjualan hingga USD 1.5 miliar pada 2025 mendatang.