Canggih, Dot Ini Bisa Deteksi Penyakit Diabetes pada Bayi

Gambar ilustrasi dot bayi

Kata siapa resiko penyakit diabetes hanya bisa menyerang orang dewasa. Ternyata bayi juga berisiko terkena penyakit diabetes tipe 1. Itu terjadi lantaran tubuh bayi yang tidak bisa memproduksi insulin secara maksimal sehingga kadar gula dalam darah pun naik.

Dengan adanya fakta tersebut tersebut, tak sedikit dari orang tua yang mulai mencari cara agar bisa memantau kadar gula darah bayi mereka. Melihat hal ini, sejumlah peneliti asal Amerika Serikat mengembangkan dot biosensor yang mampu mendeteksi penyakit diabetes pada bayi.

Dilansir oleh situs Medical Daily, pengembangan alat ini dimaksudkan untuk memantau kadar gula darah pada bayi menggunakan air liur mereka. Peneliti menjamin dot biosensor yang mereka ciptakan aman dan mudah digunakan untuk mendiagnosis diabetes pada pasien usia dini.

Dalam riset yang telah dipublikasikan dalam jurnal Analytical Chemistry ini, disebutkan pula bahwa dot biosensor itu akan memantau kadar glukosa secara real time. Sejauh ini, alat tersebut sudah digunakan untuk memantau kadar gula pada bayi yang baru lahir. Namun penggunaannya, masih terbatas di rumah sakit.

Tidak seperti tes diabetes lainnya, dot biosensor tetap nyaman digunakan sembari alat tersebut menganalisis air liur bayi untuk biomarker. Puting dot monitor diabetes mengandung enzim yang melekat pada strip elektroda yang mengubah glukosa menjadi sinyal listrik yang lemah. Perangkat ini dapat dihubungkan ke aplikasi mobile agar para orang tua bisa memantau kondisi bayi mereka kapan saja dan di mana saja.

Para peneliti tersebut berharap dot baru yang mereka ciptakan dapat segera meningkatkan kesadaran orang tua dan penyedia layanan kesehatan untuk secara rutin memantau kondisi kadar gula darah pada bayi. Peneliti menambahkan, alat itu kemungkingan tidak hanya berfungsi sebagai tes diabetes balita, karena dapat dimodifikasi untuk biomarker penyakit lainnya.