Aplikasi Microsoft Ini Bisa Membantu Tunanetra Mengidentifikasi Objek di Sekitarnya

Microsoft telah merilis sebuah aplikasi iPhone bernama Seeing AI yang diperuntukkan kepada penyandang tunanetra dan orang-orang yang mengalami penurunan penglihatan secara signifikan. Cara kerja applikasi yang mengandalkan teknologi kecerdasan buatan (AI) tersebut adalah saat pengguna mengarahkan kamera smartphone ke suatu objek maka akan memberitahukan apa yang secara visual tertangkap oleh kamera.

Misalnya, kamera diarahkan pada seseorang, selanjutnya Seeing AI akan mengidentifikasi apakah itu seseorang yang dikenal oleh pengguna. Selain itu mampu menentukan karakteristik dasar orang tersebut, seperti jenis kelamin, dan apakah mereka sedang tersenyum, marah atau sedih.

Ada enam kategori objek yang bisa dipilih oleh pengguna untuk membantu aplikasi mempermudah identifikasi secara visual, yaitu produk, manusia, teks singkat, mata uang, dokumen, dan pemandangan.Walau sudah diluncurkan, namun pihak Microsoft menegaskan kalau aplikasi pintar ini masih memerlukan proses penyempurnaan terus-menerus dan diharapkan dapat menjadi salah satu teknologi yang dapat berguna dalam industri medis.