Marketplace B2B Farmasi Asal Vietnam Thuocsi.vn Amankan Seed Funding

Thuocsi.vn, marketplace farmasi di Vietnam yang dioperasikan oleh BuyMed, mengumumkan berhasil meraih seed funding sebesar USD 500.000 yang dipimpin oleh Cocoon Capital Singapura dan VietCapital Ventures.

Menurut BuyMed, dokter, apoteker, dan rumah sakit di Vietnam membuang banyak waktu untuk mencari suplai obat dimana hal tersebut bisa membuang waktu yang seharusnya didedikasikan untuk merawat pasien.

Sebagai startup dengan model business-to-business (B2B), Thuocsi.vn menghubungkan fasilitas dan praktisi kesehatan dengan banyak distributor berlisensi dan terverifikasi, yang menyediakan pencocokan pesanan secara otomatis dan logistik end-to-end. Platform ini menekankan pada transparansi dan informasi terperinci tentang bahan yang terkandung dalam berbagai produk.

Hingga saat ini, Thuocsi.vn mengklaim telah menghubungkan lebih dari 2.000 penyedia layanan kesehatan dengan pemasok terverifikasi untuk mengubah sistem distribusi yang tidak efisien saat ini.

“Industri perawatan kesehatan di Asia Tenggara sangat terfragmentasi dan akibatnya, hampir 80 persen apotek menggunakan pembelian dari agen yang tidak berlisensi. Ini meningkatkan risiko palsu dan hanya obat-obatan yang salah dikirimkan. Kami merasa itu adalah pemborosan sumber daya yang seorang apoteker rata-rata menghabiskan satu hari penuh per minggu memesan persediaan. Thuocsi.vn mengurangi ini menjadi beberapa menit,” kata CEO dan salah satu pendiri BuyMed, Peter Nguyen.