spot_img

Gakeslab dan Kadin Sepakat dan Berkomitmen untuk Membangun Rantai Pasok Alkes

Kamar Dagang Indonesia (Kadin) dan Asosiasi perusahaan alat kesehatan (Alkes) Gakeslab Indonesia membentuk komitmen demi membangun rantai pasok alkes. Kesepakatan ini dilakukan untuk mendorong sebagai bentuk dukungan terhadap kemandirian alat kesehatan Indonesia khususnya di daerah.

dr Randy H Teguh MM selaku Sekjen Gakeslab Indonesia sekaligus Wakil Ketua Komisi Tetap Bidang Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kadin Indonesia menerangkan sudah ada white paper (buku putih). Dokumen tersebut sudah diserahkan ke pihak Kementerian Kesehatan RI tanggal 16 Maret 2023.

Isi white paper itu berupa rekomendasi-rekomendasi yang diperlukan untuk membangun rantai pasok alkes secara mandiri.

dr Randy menyampaikan bahwa banyak distributor alkes di daerah yang telah kehilangan sumber penghasilannya. Hal tersebut terjadi baik sebagian atau bahkan seluruhnya. Penyebab utama karena alkes yang mereka impor tidak sanggup dibeli oleh pihak Rumah Sakit Pemerintah sehabis dilakukan pembekuan (freeze) pada K katalog elektronik.

Di sisi lain distributor dan produsen alkes di dalam negeri terutama skala kecil menengah kesulitan membangun rantai pasok alkes untuk produk yang mereka miliki.

“Mereka tidak punya akses ke produk pengganti yang dibuat di dalam negeri,” lanjut dr. Randy dilansir dari Tribun (08/05/2023). “Sementara itu pernah muncul framing yang seolah menyalahkan distributor sebagai penyebab tingginya harga alkes dalam negeri. Akibatnya RS Pemerintah diarahkan untuk memesan langsung kebutuhan alkes ke produsen.”

Pentingnya Membangun Rantai Pasok Alkes di Indonesia

Indonesia adalah negara kepulauan yang sangat besar. Tak kurang dari 17 ribu pulau ada di kawasan nusantara yang dipisahkan oleh perairan. Karena itu peran distributor menjadi sangat penting dalam menyebarkan pasokan alkes ke pelosok Indonesia.

“Efisiensi pengiriman barang dalam jumlah kecil akan jauh lebih efisien apabila menggunakan jasa distributor daerah setempat. Mereka juga sudah menyimpan stok dan siap memberikan layanan purna jual,” lanjutnya.

Ia juga berpendapat, selaku produsen ia merasa cemas mengenai daya saing alkes dalam negeri ketika harus berhadapan dengan alkes impor apabila produk dari luar negeri bebas memanfaatkan distributor.

Oleh karena itu pembangunan rantai pasok lewat distributor dalam negeri akan mampu menggairahkan perekonomian daerah. Sebab jika itu terjadi, industri pendukung lainnya juga akan bangkit. Nantinya pajak pendapatan daerah pun akan meningkat.

Karena itu dilakukanlah business matching antara produsen alkes dalam negeri bersama distributor dari Sulawesi, Maluku, dan Papua.

“Pertemuan dihadiri oleh 28 distributor. Semoga ke depan akan terwujud sinergi antara produsen dengan distributor,” kata Ketua Gakeslab Indonesia Sulawesi Utara, Ronald Pelealu ST.

 

Related Articles

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments

Media Sosial

10,000FansLike
13,700FollowersFollow
BERLANGGANAN NEWSLETTER GRATIS
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Join over 3.000 visitors who are receiving our newsletter and learn how to optimize your blog for search engines, find free traffic, and monetize your website.
We hate spam. Your email address will not be sold or shared with anyone else.

Pilihan Redaksi

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x