Wabah Misterius Sudah Menyebar ke Thailand, WHO Imbau Rumah Sakit Agar Waspada

953858264

Terkait wabah pneumonia yang awalnya merebak di Tiongkok, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan adanya potensi virus baru yang muncul dan mengimbau agar rumah sakit di seluruh dunia selalu waspada.

Dan dilaporkan saat ini, di Thailand sudah ada pasien yang dikonfirmasi terjangkit virus yang masih dalam keluarga koronavirus tersebut.

“Dari informasi yang kami miliki, ada kemungkinan penularan terbatas antar manusia di antara keluarga. Tapi jelas untuk sekarang kami tidak menemukan adanya penularan antar manusia yang luas,” kata Plt Kepala Unit Penyakit Baru WHO, Maria Van Kerkhove seperti MedX kutip dari Reuters.

WHO masih memetakan kemungkinan penyebaran penyakit ini dan telah mengeluarkan panduan tindakan pencegahan untuk rumah sakit. Belum ada tata cara terapi yang bisa digunakan mengobati penyakit.

“Masih terlalu dini, kami belum memiliki gambaran klinis lebih jelas,” ungkap Maria.

Sementara itu, beberapa waktu lalu Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto juga sudah memperingatkan agar warga Indonesia yang bepergian ke Tiongkok, khususnya daerah Wuhan agar berhati-hati terhadap penyakit ini.

Dirinya mengimbau bagi masyarakat Indonesia yang akan dan sedang berpergian dari wilayah Tiongkok agar menghindari berkunjung ke pasar ikan atau tempat penjualan hewan hidup.

Kemudian juga agar jika dalam perjalanan merasa berinteraksi dengan orang dengan gejala demam, batuk, dan susah bernafas atau jatuh sakit dengan gejala yang sama, segera berobat menuju fasilitas kesehatan terdekat.

Selanjutnya, jika saat di Indonesia menunjukkan gejala demam, batuk, dan sukar bernafas agar segera berobat.

Untuk diketahui, Koronavirus merupakan keluarga virus yang diketahui bisa menyebabkan berbagai penyakit mulai dari pilek biasa, severe acute respiratory syndrome (SARS), hingga Middle East respiratory syndrome (MERS).