spot_img

Untag Surabaya akan Membangun RS Pendidikan

Untag Surabaya atau Universitas 17 Agustus segera menerima mahasiswa baru Fakultas Kedokteran di tahun 2023 ini. Nantinya Untag akan membangun RS Pendidikan setelah Gedung Fakultas Kedokteran (FK) sudah siap.

Yayasan Perguruan 17 Agustus 1945 (YPTA) melalui ketuanya, J. Subekti menyampaikan pihaknya menilai wilayah timur Indonesia dan pulau terluar masih memiliki komposisi dokter yang tidak seimbang. Sementara kebutuhan masyarakat di daerah itu dirasa mendesak namun jumlah dokter yang ada belum ideal.

“Sejalan dengan ciri Untag yaitu kampus merah putih. Kami adalah kampus nasionalis sehingga karakter dokter juga harus yang berjiwa patriotik. Bukan hanya nasionalis, tapi juga patriotik. Juga berjiwa kebangsaan dan selalu siap sedia berkorban bagi bangsa dan negara. Dokter seperti itulah yang kami harapkan ada dari lulusan FK Untag,” ujar Subekti sebagaimana dilansir dari Detik (21/03/2023).

Fakultas Kedokteran Untag Surabaya Diperkirakan Segera Selesai

untag surabaya
Konsep FK Untag. Foto: Detik Jatim.

Proses pembangunan gedung FK diperkirakan membutuhkan waktu 1,5 sampai 2 tahun. Nantinya akan ada 12 laboratorium yang akan selesai pembangunannya.

“Gedung fisik sudah ada. Nantinya tinggal proses revitalisasi, menyesuaikan utility, upgrade, dan peruntukan serta apa saja yang diperlukan oleh laboratorium, perkantoran, dan lainnya. Ruang kuliah juga disiapkan,” lanjut Subekti.

Rektor Untag, Prof Mulyanto Nugroho mengatakan bahwa pihaknya telah mengajukan permohonan pembukaan Fakultas Kedokteran (FK) ke Dikti, Kemenkes, dan Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) pada 20 Desember 2022.

Pada bulan Februari 2023, Kemenkes telah melakukan kunjungan untuk melakukan evaluasi. Pada kesempatan yang sama juga memberikan rekomendasi kepada Untag Surabaya untuk membuka program studi sarjana kedokteran dan profesi dokter.

Mulyanto juga menyampaikan bahwa dua minggu yang lalu, KKI telah melakukan pendampingan terhadap kurikulum FK Untag Surabaya. Kemudian menyetujui bahwa kurikulum tersebut sudah sesuai dengan standar KKI. Mulyanto berharap bahwa dalam waktu dekat, pihaknya akan menerima rekomendasi dari KKI.

Mulyanto berharap bahwa pada bulan Mei, pihaknya akan menerima izin dari Dikti. Segera setelah itu membuka pendaftaran mahasiswa baru pada bulan Juni-Juli untuk periode 2022-2023.

Untag Surabaya juga telah menyiapkan 26 dosen spesialis yang akan mengajar di FK dan memiliki RS utama baik di Surabaya maupun di luar kota seperti RSUD Jombang, RS Haji, dan RSJ Menur. Mulyanto menekankan bahwa FK harus memiliki RS pendidikan dan pihaknya bertekad untuk memiliki RS Pendidikan dalam 5 tahun ke depan.

 

Related Articles

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Media Sosial

9,800FansLike
7,250FollowersFollow
BERLANGGANAN NEWSLETTER GRATIS
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Join over 3.000 visitors who are receiving our newsletter and learn how to optimize your blog for search engines, find free traffic, and monetize your website.
We hate spam. Your email address will not be sold or shared with anyone else.

Pilihan Redaksi

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x