Unik, Startup Indonesia Ini Sediakan Platform Online Untuk Penderita Varises

dr Niko Azhari Hidayat (dua dari kanan), pendiri Varises Indonesia. Foto: Tribun News

Varises adalah pembuluh darah vena yang membengkak dan tampak dekat dari permukaan kulit. Pembuluh vena membawa darah dengan rendah oksigen dari sel dan jaringan kembali ke jantung, di mana darah bisa kembali mendapatkan oksigen. Penyakit ini memang tidak tergolong penyakit berbahaya namun bagi penderitanya merupakan hal yang sangat mengganggu dan beresiko menimbulkan komplikasi.

Terkait dengan penyakit ini, dr Niko Azhari Hidayat Sp BTKV mendirikan platform online yang fokus menyediakan konten artikel serta konsultasi terkait varises bernama Varises Indonesia.

Bahkan dokter Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA) telah sukses membawa Startup besutannya ini ke kancah internasional sebagai salah satu perwakilan Indonesia yang berhasil lolos pada ajang akselerator Asean Entrepreneur Training Program (AETP) di Swiss.

“Persiapannya sebenarnya cukup singkat. Meskipun training sebagai startup di bawah akselerator sudah dimulai sejak 15 Maret 2019. Masing-masing Startup dilatih untuk mempersiapkan presentasi dengan materi dan susunan konten yang disesuaikan dengan persyaratan panitia,” terang dokter spesialis Bedah Jantung dan Pembuluh Darah ini.

dr. Niko berharap platform varisesindonesia.com bisa menjadi website rujukan serta solusi dari permasalahan penyakit varises maupun penderitanya. Karena dia merasa masyarakat perlu mendapat pemahaman yang komprehensif terhadap varises.

“Kebanyakan orang memang tidak menganggap masalah ini serius, sehingga kasus varises yang dideritanya tidak segera tertangani dan biasanya datang dengan sudah mengalami komplikasi,” ungkapnya.

Untuk diketahui, Varises Indonesia juga merupakan salah satu peserta dalam program bimbingan Lembaga Pengembangan Bisnis dan Inkubasi (LPBI) Universitas Airlangga.