Teknologi Virtual Reality Bisa Digunakan Dalam Bidang Kesehatan

Pernahkah Anda mendengar tentang teknologi Virtual Reality? Kalaupun pernah, pasti yang terbesit dipikiran Anda adalah sebuah perangkat game yang bisa membuat pemainnya melihat langsung ke dalam dunia game. Teknologi VR sendiri diciptakan sedemikian rupa agar para penggunanya bisa merasa yakin dan seolah-olah masuk ke dalam dunia maya.

Agar terlihat lebih nyata, VR juga dilengkapi dengan audio visual yang ada pada headset sehingga penggunanya benar-benar merasakan sensasi di dalam dunia nyata tersebut.

Tapi tahukah Anda kalau teknologi VR tidak cuma digunakan untuk hiburan saja? Ternyata saat ini teknologi VR telah banyak dikembangkan serta digunakan didalam berbagai aspek, salah satunya telah diaplikasikan di bidang kesehatan.

Dengan bantuan VR yang menampilkan gambar 3D (tiga dimensi), maka para dokter dan ilmuan dapat mengeksplorasi dengan leluasa semua objek yang terdapat didalamnya. Teknologi ini juga biasa digunakan untuk simulasi operasi bedah. Tapi kira-kira apa saja manfaat teknologi VR didalam bidang kesehatan? Apakah sangat penting?

Alat Bantu Simulasi Operasi Bedah

Teknologi Virtual Reality telah diterapkan untuk menangani kasus seorang anak perempuan yang lahir dengan hanya memiliki separuh jantung dan satu paru-paru saja. Sang dokter, Juan Carloz Muniz memanfaatkan teknologi Virtual Reality dengan bantuan aplikasi iPhone yakni Sketchfab, untuk bisa melihat keadaan jantung sang pasien dari segala sudut pandang secara jelas. Dengan begini sang dokter bisa memanfaatkan waktu untuk membuat strategi bedah denganc ara yang paling aman.

Virtual Reality Sebagai Alat Bantu Perawatan Luka

Satu kasus lain, kali ini yang terjadi pada prajurit-prajurit setelah perang usai adalah mengidap Post Trauma Stress Disorder (PTSD). Dalam metode pengobatan ini, teknologi VR digunakan untuk terapi pengalih rasa sakit pada pasienpengidap luka bakar. Ketika pasien telah menggunakan VR, maka dirinya merasa teralihkan dan meringankan beban sakit yang diderita selama proses pengobatan berlangsung.

Pengobatan Terapi Rasa Takut

Terapi menggunakan Virtual Reality juga merupakan salah satu cara tercepat untuk meredakan rasa takut atau yang biasa disebut fobia. Terdapat aplikasi yang dirancang khusus untuk menangani pasien pengidap rasa takut akan ketinggian, jarum, takut pada ruang sempit, sampai takut menyetir. Dalam beberapa kasus, bahkan VR bisa membantu mengobati trauma lumpuh yang terjadi di otak.