Tato Elektronik Ini Bisa Digunakan Untuk Memantau Kondisi Jantung

Gambar: Medgadget

Ketika mendengar kata tato, pasti yang terbayang di otak kita adalah rajah atau gambar yang biasanya menghias bagian tubuh sesorang. Namun tato yang ini berbeda. Adalah sebuah E-tattoo atau tato elektronik yang tengah dikembangkan oleh sejumlah peneliti di University of Texas di Austin dimana alat ini berguna untuk memonitor kesehatan jantung seseorang.

Dikutip dari situs Medgadget.com, alat yang penggunaannya dengan cara ditempelkan di dada ini, diklaim mampu mengukur elektrokardiografi (EKG) dan seismokardiografi (SCG) yang memang biasanya digunakan untuk mengetahui kesehatan jantung seseorang.

E-tattoo ini diharapkan bisa menjadi alat kesehatan yang bisa mempermudah pasien untuk mengetahui kondisi jantung mereka tanpa harus bolak-balik ke rumah sakit atau klinik untuk melakukan pengecekan.

Canggihnya, alat ini sendiri terkoneksi dengan aplikasi mobile sehingga bisa dikendalikan dari jarak jauh menggunakan smartphone serta pengguna bisa melihat hasil pengukuran dan kesehatan jantung melalui perangkat tersebut.

“Kita bisa mendapatkan wawasan yang jauh lebih besar tentang kesehatan jantung dengan mengumpulkan data secara sinkron dari kedua sumber,” kata Nanshu Lu, salah satu peneliti yang terlibat dalam penelitian ini.

Pun para peniliti mengklaim bahwa alat pengukur kesehatan jantung ini bentuknya fleksibel dan tipis, sehingga lebih nyaman dan nyaman dipakai dibandingkan dengan alat monitor jantung yang konvensional yang ada saat ini.