Startup Teknologi Kesehatan Asal India mfine Raih Pendanaan Seri B

Founder mfine, Prasad Kompalli (kiri) and Ashutosh Lawania (kanan). Gambar: mfine

Mfine, startup teknologi kesehatan asal India belum lama ini meraih pendanaan seri B sebesar US$17.2 juta. Ventural asal Jepang, SBI Investment tercatat memimpin pendanaan ini. Selain itu ada pula SBI Ven Capital asal Singapura, Stellaris Venture Partners dan Prime Venture Partners.

Didirikan 2017 lalu, platform konsultasi kesehatan online yang memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (AI). Mereka fokus membantu penggunanya agar bisa mendapatkan akses konsultasi kesehatan online melalui pesan teks dan video dari 100 rumah sakit ternama di India.

Pendanaan ini akan digunakan untuk memperluas jaringan mitra rumah sakitnya keseluruh negeri, pengembangan teknologi AI dan juga memperluas layanan tambahan terbaru yang mencakup pengantaran obat-obatan, pemeriksaan kesehatan preventif dan uji diagnostik.

12 bulan ke depan, mfine juga berencana mengintegrasikan lebih dari 250 rumah sakit dari 10 kota dengan lebih dari 2500 dokter di India ke platform rumah sakit virtualnya. Mfine juga akan meningkatkan tiga kali lipat investasinya ke bidang AI, mobile engineering, dan integrasi hardware.

“Kami yakin India akan memasuki metode pelayanan kesehatan dari negara maju, dan teknologi mobile akan menjadi inti dari disrupsi ini. Pendanaan terkini akan menjadi pendorong model unik mfine yang sudah lama bermitra dengan rumah sakit ternama dan menggunakan teknologi demi memperluas layanan kesehatan berkualitas bagi jutaan orang,” Ujar Prasad Kompalli, CEO & co-founder mfine.

Sebelumnya, mfine mendapatkan pendanaan seri A sebesar US$4.2 juta pendanaan Seri A Mei 2018 lalu.