Startup Pengembang Teknologi Cyborg Asal Jepang Raih Pendanaan USD 2,67 Juta

Perusahaan Asuransi asal Jepang Dai-ichi Life Insurance (Dai-ichi Life) memberikan dana 300 juta yen (USD 2.67 juta) ke startup teknologi robot MELTIN MMI (MELTIN). Ini merupakan invrstasi terbesar keenam perusahaan tersebut dengan total nilai investasi perusahaan 2.1 milyar yen.

Pihak perusahaan berharap bahwa investasi terhadap MELTIN ini diharapkan memiliki dampak yang dihasilkan dari investasi yang mampu menimbulkan manfaat sosial dan lingkungan, serta keuntungan finansial yang terlihat.

Teknologi MELTIN “diharapkan berdampak sosial positif dengan pengurangan resiko kecelakaan dan kejadian insidental di lingkungan kerja yang relatif berbahaya.” tulis Dai-ichi Life.

Didirikan 2013 lalu, MELTIN, yang bergerak di bidang penelitian dan pengembangan teknologi robot, adalah pengembang avatar robot pertama di dunia. Robot tersebut dapat dioperasikan dari jarak jauh.

“Kami bangga bisa mengembangkan bisnis yang berkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari kami bersama Dai-ichi Life, yang sudah bekerja mendukung kehidupan dari perspektif asuransi.” ujar CEO MELTIN Masahiro Kasuya.

Pasar investasi Jepang melonjak lebih dari dua kalinya pada angka USD718 juta di akhir 2017 lalu dari yang sebelumnya hanya USD337 juta pada tahun sebelumnya, sebagian besar ada di bidang investasi kesehatan dan teknologi medis yang didorong oleh tingginya biaya medis populasi yang bertambah tua di negara tersebut, tulis Responsible Investor, media Inggris yang berfokus mengulas tentang investasi.

Dai-ichi Life adalah salah satu pelopor investasi besar di industri asuransi Jepang. Investasi awalnya tercatat senilai 400 juta yen pada penyedia layanan micro-finance Gojo & COmpany Oktober 2017 lalu.

Total aset Dai-ichi Life sendiri mencapai 36.33 trilyun yen pada Maret 2018, yang tercatat pada laporan tahunan terakhir perusahaan asuransi tersebut.