Startup Kesehatan Asal Swiss Ini Raih Pendanaan USD 4.25 Juta

Startup smartphone 1Drop Diagnostics berhasil meraih dana USD 4.25 juta. Pendanaan tersebut berasal dari investor Christian Wildmoser, dengan tambahan dari investor Swiss Startup Group Dr. Hans-Peter Strebel, Beat Schillig dari IFJ Institute of Young Entrepreneurs, Jean-Philippe de Toledo dari Pharmacie Principale and VentureLab.

Berkantor di Boston dan Neuchatel, perusahaan asal Swiss ini sedang fokus mengembangkan panel diagnostik berbasis biochip yang mampu menampilkan hasil diagnosis dalam 15 menit dari satu tetesan darah. Dengan pendanaan baru ini, mereka akan melakukan uji klinis untuk meningkatkan kinerja platformnya, mempercepat perijinan regulasi, mengembangkan integrasi EHR dan kemampuan mesin analisis, mencari pengganti panel potensial, dan mengkomersialisasi platform.

Dengan menghindari prosedur laboratorium klinis, platform portabel 1Drop Diagnostic menjanjikan pengujian darah yang kurang invasif dan personalisasi diagnosis medis dengan pengaturan baru.

“Menyediakan hasil diagnosis dimanapun dan kapanpun mereka butuhkan adalah kesempatan baik untuk membantu meningkatkan pelayanan kesehatan mereka.” ujar dr. Luc Gervais, Pendiri dan CEO 1Drop Diagnostics.

1Drop menghilangkan inefisiensi dalam sistem pelayanan kesehatan: banyaknya volume darah yang diambil dari pembuluh nadi lengan, pemindahan sampel ke laboratorium, tenaga petugas yang menganalisis sampel, lamanya waktu tunggu, komunikasi telepon dan email dengan dokter, kunjungan dokter untuk hasil sampel, dan konsultasi setelahnya.

Berbagai pengembangan pengujian darah portabel memang menarik minat banyak investor belakangan ini. DBS System dari Swiss misalnya, sudah meraih USD 2.5 juta tahun lalu untuk platform microsampling yang dapat digunakan di rumah.

Seventh Sense Biosystem, Everlywell, dan myLabBox juga sedang mengembangkan teknologi pengambilan dan pengujian darah terbaru, sedangkan rintisan seperti inui Health dan Mira juga mengklaim platform pengujian urine mereka nantinya bisa digunakan sebagai metode pengujian darah di masa mendatang.

“Industri diagnostik sedang menuju ke sebuah lompatan besar. Dan 1Drop sedang dalam posisi terdepan untuk mengubah bukan hanya diagnostik medis tapi juga praktek pengobatan yang presisi. Kami bangga bermitra dengan perusahaan yang berkomitmen pada metode ilmiah dan penyediaan data kesehatan dan diagnosis yang cepat dan tepat,” pungkas dr. Luc Gervais.