Spray Gel Pencegah Penyebaran Kanker Paska Operasi

Medgadget

Seringkali paska pengangkatan tumor sel kanker masih menyebar ke bagian lain tubuh. Metastasisnya sendiri belum diketahui pasti, namun tim peneliti dari University of California, Los Angeles, University of North Carolina, Chapel Hill, South China University of Technology, Guangzhou, dan Fudan University China, tengah mengembangkan dan menguji gel unik baru yang mencegah penyebaran tersebut.

Gel Semprot (Spray Gel) ini didesain menangani kondisi setelah pengangkatan, pada area yang selesai ditangani. Gel ini terdiri dari nanopartikel kalsium karbonat yang melekat pada antibodi dan menghambat aktivitas protein CD47, sel kanker molekuler yang melindungi diri mereka sendiri kebal terhadap sistem imun dan memanipulasi dengan menyatakan keadaan tubuh penderita sehat dan baik-baik saja, pada tikus, gel ini mampu mencegah pemunculan kembali sel tumor melanoma pada sebagian sampel hewan tersebut. Terlebih, gel tersebut berhasil mengurangi pertumbuhan sel tumor yang tersisa dalam tubuh, dan menimbulkan efek sistemik pada seluruh tubuh hewan, mengingat tidak ditemukannya penyebaran tumor pada tempat lain seperti yang sebelumnya dipantau.

Tim peneliti mengatakan gel ini mampu membantu mengorganisir sistem imun sehingga sel T bisa diaktifkan dan bekerjasama memburu sel kanker yang tersisa paska operasi.

Masih banyak yang harus dikembangkan, termasuk studi klinis, sebelum teknologi baru ini tiba di instalasi medis terdekat anda, namun prospeknya cukup menjanjikan berkat hasil uji laboratorium yang sangat positif.