Smart Watch Pengukur Tekanan Darah Pertama Dari Omron

Nama besar dalam industri pengukuran tekanan darah Omron, merilis smartwatch pertama yang dapat mengukur tekanan darah langsung dari pergelangan tangan. Omron HeartGuide berfungsi ganda tidak hanya sebagai pembalut lengan untuk mengukur tekanan darah, namun juga sekaligus menampilkan hasilnya dan dapat dikontrol melalui tombol disisi jam pintar tersebut.

Perangkat ini juga dapat memantau denyut jantung pemakai dan kualitas tidur, namun tidak bisa difungsikan sebagai pengukur tekanan darah ketika pengguna sedang tidur.

HeartGuide mensinkronisasi datanya melalui applikasi pendukung, yang juga akan dirilis dalam waktu dekat, untuk membantu pengguna menyimpan data pemantauan tekanan darah mereka, termasuk catatan denyut jantung dan kualitas tidur pengguna.

Omron menjelaskan divisi Riset & Pengembangannya berhasil menciptakan sistem tekanan darah kecil, dimana katup dan pompa yang terintegrasi dalam HeartGuide tidak lebih besar dari sebutir beras. Namun perangkatnya diklaim lima kali lebih kuat daripada besi. Keunggulan ini menjamin keamanan perangkat dari resiko pecah atau rusak selama proses pengukuran.

HeartGuide baru saja diloloskan FDA Amerika Serikat dan akan segera tersedia untuk komersialisasi luas.