Siap Bersaing Dengan Rumah Sakit lain, RSUI Depok Buka Berbagai Fasilitas Kesehatan

Gambar: kompas.com

Sejak dibuka untuk umum pertengahan Januari lalu, Rumah Sakit Universitas Indonesia ( RSUI) langsung berusaha mensejajarkan diri dengan rumah sakit berstandar tinggi lainnya dengan menyediakan beragam pelayanan medis. Rumah sakit ini berada di dalam kawasan Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat.

Direktur Utama RSUI Dr dr Julianto Witjaksono mengatakan, RSUI merupakan salah satu rumah sakit dengan teknologi dan fasilitas terlengkap di Depok.

“Berharap dengan adanya rumah sakit ini dapat menurunkan angka kematian di Kota Depok,” ucap Julianto di RSUI Depok, Jawa Barat, Kamis (31/1/2019).

Julianto mengatakan, rumah sakit dengan luas bangunan 82.074 meter persegi tersebut berakreditasi B. RSUI menyediakan beragam pelayanan yang terbagi menjadi sepuluh klinik.

“Klinik yang pertama adalah kategori umum yang memberikan layanan rawat jalan, medical check up, dan community service. Selanjutnya ada klinik anak yang dilengkapi layanan rawat inap, termasuk rawat inap intensif bayi (Neonatal Intensive Care Unit/NICU), dan rawat inap intensif anak (Pediatric Intensive Care Unit/PICU),” ujar Julianto.

Kemudian, ada kinik bedah yang terdiri dari bedah plastik, bedah toraks dan kardiovaskular, bedah anak, bedah digestif, dan bedah umum. Baca juga: Resmi, UI Terima Hibah Aset Jalan dan Jembatan RSUI

Berikutnya, klinik gigi yang menyediakan pelayanan dan perawatan dental sederhana hingga spesialistik dengan standar internasional.

RSUI juga menyediakan klinik gizi di sana. “Klinik gizi yang melayani bidang nutrisi kedokteran. Jadi, pasien dengan berbagai jenis penyakit, mulai dari saluran cerna, hati, saluran empedu, pankreas dan sebagainya dapat dilayani di klinik gizi,” ujarnya.

Selain itu terdapat pula klinik jantung memberikan pelayanan perawatan penyakit jantung infeksi, jantung bawaan, dan jantung koroner.

“Fasiltas yang disediakan di klinik jantung antara lain Treadmill, Elektrokardiografi, Echokardiografi (EEG), layanan vaskuler, Ambulatory Blood Pressure Monitoring (ABPM), Holter, dan Trans-Esophageal Echcardiography (TEE),” ucap Julianto.

RSUI juga memiliki klinik obstetri dan ginekologi yang melayani masalah kesehatan di bidang kebidanan dan kandungan. Selain itu, klinik ini juga melayani tindakan pembedahan, seperti laparoskopi.

“Pada klinik penyakit dalam terdapat delapan divisi spesialistik, yaitu gastroenterologi, alergi imunologi, penyakit tropikinfeksi, hematologi onkologi medik, kardiologi, pulmonologi, ginjal, dan hipertensi,” ujarnya.

Sementara itu, klinik saraf melayani pasien yang memiliki penyakit atau keluhan stroke, epilepsi, nyeri punggung belakang, nyeri neuropati, kelainan saraf otak dan sumsum tulang belakang, serta gangguan motorik.

Terakhir, klinik radiologi yang melayani CT-scan, MRI, USG, radiografi, fluoroskopi, dan cath-lab.