Perangkat Wearable Terbaru untuk Gangguan Afektif Musiman, Jetlag, dan Gangguan Pekerja Shift

medgadget

Active Wearables, startup teknologi medis asal Austria, meluncurkan Pocket Sky, perangkat wearable yang dirancang untuk menangkal kondisi yang dihasilkan dari pergantian waktu dan buruknya akses ke sinar matahari. Perangkat ini dapat dipakai seperti kacamata dan memeancarkan sinar biru untuk menggantikan cahaya matahari, agar bisa menekan produksi melatonin. Active Wearables menyatakan teknologi ini dapat membantu pasien dengan kondisi gangguan yang disebabkan keterbatasan sinar matahari, seperti gangguan afektif musiman, atau masalah ritme jantung, seperti jetlag atau gangguan pekerja shift.

Pengidap gangguan afektif musiman dapat menderita sepanjang musim dingin. Gangguan ini berhubungan dengan tingkat sinar matahari yang rendah, dan perawatan yang membutuhkan pemaparan sinar, yang para penderitanya biasanya dapatkan melalui “kotak cahaya” yang dipasang dalam rumah mereka untuk memancarkan sinar matahari buatan.

Namun, terapi cahaya sangat sulit dilakukan saaat berada di tempat kerja atau saat bepergian. Untuk mengatasinya Active Wearables merancang Pocket Sky untuk membantu pasien menjalani terapi cahaya menggunakan perangkat wearable ini. Perangkat ini digunakan seperti kacamata biasa dan memancarkan sinar biru, tanpa komponen ultraviolet berbahaya dari sinar matahari.

Berbobot hanya 12 gram, perangkat ini diklaim sebagai solusi terapi cahaya portable terdepan. Selain untuk mengatasi gangguan iefektif musiman, teknologi ini juga berpotensi membantu pekerja shift mengurangi resiko dampak pergantian shift kerja. Di Amerika Serikat, 15% pekerja bekerja pada shift diluar jam normal, dan peralihan shift berkaitan dengan gangguan tidur jangka panjang dan resiko yang lebih tinggi pada berbagai masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung dan kanker.

Sinar biru dapat menekan produksi melatonin, hormon yang terlibat dalam proses tidur, dan pekerja shift berpeluang menggunakan perangkat ini untuk mensinkronisasi jam tubuhnya saat menyelesaikan shift kerja. Manfaat potensial lainnya adalah membantu memindahkan efek jetlag saat bepergian atau saat kembali dari perjalanan jauh.

Hanya perlu dipakai 20 menit per sesi, perangkat ini disarankan digunakan sekali pada saat pagi hari dan selama diperlukan sepanjang hari. Perangkat ini juga diklaim bisa meningkatkan konsentrasi, stamina, dan performance.

Perangkat ini dilengkapi pengisi nirlaba dan umur baterai yang diperkirakan kuat hingga dua minggu.