spot_img

RS Lavalette, Rumah Sakit Tertua di Malang yang Kini Jadi Wisata Kesehatan

Rumah sakit dengan usia hingga melintasi abad dapat dilihat di Malang. Di sana terdapat RS Lavalette. Sebuah rumah sakit dengan sejarah panjang sejak berdiri tahun 1918 oleh pengusaha perkebunan asal Belanda.

Walaupun berusia lebih dari 100 tahun, seluruh bangunan aslinya masih tetap terjaga. Arsitektur gaya kolonial berpadu dengan fasilitas modern dan lengkap menjadikan RS ini ke dalam salah satu agenda Malang Health Tourism. Program wisata kesehatan dengan gabungan pelayanan kesehatan dan pariwisata di Kota Malang.

Sejarah RS Lavalette

Dilansir dari Detik Jatim (14/09/23), RS Lavalette didirikan oleh para pengusaha perkebunan besar. Mereka tergabung dalam yayasan bernama Stichting Malangsche Ziekenverpleging.

Pada awalnya, fasilitas kesehatan ini bernama Lavalette Kliniek, diambil dari nama pendirinya, Mr G. Chr. Renardel de Lavalette. Saat memasuki halaman depan, nuansa bangunan kolonial yang sarat sejarah begitu terasa. Meskipun usianya sudah lebih dari 100 tahun, fisik bangunan aslinya hingga saat ini masih bertahan dengan baik.

Seiring berjalannya waktu, terjadi perubahan nama pada tahun 1991. Rumah Sakit Lavalette Mengalami penyempurnaan nama menjadi Rumah Sakit Umum Lavalette (RSU Lavalette). RS ini berada di bawah pengelolaan PT Perkebunan Nusantara XI (Persero).

Kemudian sekarang dikelola oleh PT Pertamina Bina Medika. Dengan pengelolaan ini, RS tertua di Malang ini sekaligus tergabung ke dalam jaringan manajemen rumah sakit terbesar di Indonesia, Indonesia Healthcare Corporation (IHC).

Menjadi RS Rujukan Masyarakat

RS tertua di Malang ini memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan terpercaya bagi masyarakat. Rumah sakit yang terletak di Jalan WR Supratman, Kota Malang memiliki fasilitas modern dan lengkap. Pelayanan pun diberikan dalam waktu singkat.

Pasien dapat mengakses pelayanan medis terbaik. Antara lain cancer centre, radiologi, hemodialisa, pain clinic, dan endoskopi. Awalnya, Klinik Lavalette hanya melayani pasien dari kalangan perkebunan dan industri gula, namun sekarang dari berbagai latar belakang. Termasuk karyawan dan keluarga PTPN XI.

“Visi RS Lavalette adalah menjadi perusahaan pelayanan kesehatan holistik unggul dan bermutu bersama dengan jaringan tersebar di seluruh Indonesia,” ujar Bagian Humas, Rika Umi Palupi, Kamis (14/9/2023).

RS Lavalette Menjadi Bagian Malang Health Tourism

Bangunan depan RS dipertahankan seperti awal didirikan. Bangunan yang menjadi cagar budaya ini pada bagian depannya terpampang tulisan ‘Lavalette Kliniek’ 1918. Sebuah keterangan yang menunjukkan tahun pembangunannya.

Bangunan depan yang masih tampak asli diperuntukkan bagi pelayanan administrasi pasien, ruang IGD dan sejumlah ruang pemeriksaan lainnya.

RS legendaris di Malang ini ingin menghadirkan layanan one stop service bagi masyarakat. Di bagian tengahnya kini berdiri bangunan bangunan baru untuk kelas VVIP, President Suite.

Lantai dasar digunakan sebagai layanan hemodialisa dilengkapi 71 mesin cuci darah . Fasilitas ini melayani berbagai golongan pasien. Mulai dari pasien umum, asuransi, hingga BPJS.

Dalam waktu dekat, RS Lavalette sedang mempersiapkan diri untuk menjadi bagian dari Malang Health Tourism atau wisata kesehatan. Nantinya, pihak RS akan memberikan juga fasilitas wisata di Malang dan sekitarnya bagi pasien dan keluarga.

 

Related Articles

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Media Sosial

10,000FansLike
13,700FollowersFollow
BERLANGGANAN NEWSLETTER GRATIS
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Join over 3.000 visitors who are receiving our newsletter and learn how to optimize your blog for search engines, find free traffic, and monetize your website.
We hate spam. Your email address will not be sold or shared with anyone else.

Pilihan Redaksi

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x