RS EMC Sentul Selenggarakan Operasi Hernia dan Bibir Sumbing Gratis

RS EMC Sentul kembali lakukan bakti sosial berupa operasi hernia dan bibir sumbing pada masyarakat tidak mampu. Gambar: Liputan6.com

Bekerja sama dengan Alfa Omega Peduli dan Smile Train, Rumah Sakit EMC Sentul menggelar bakti sosial berupa operasi hernia dan bibir sumbing secara gratis kepada masyarakat kurang mampu. Acara yang digelar pada 28 dan 29 September tersebut, berhasil memberikan tindakan operasi kepada 70 orang.

dr. G.A. Kusmiati, MARS Direktur RS EMC Sentul dalam keterangan resminya mengatakan bahwa kegiatan tersebut secara rutin dilaksanakan sebanyak tiga sampai empat kali dalam setahun.

“Dengan harapan berbagi kebahagiaan kepada masyarakat yang mengalami hernia dan kelainan bibir sumbing agar dapat hidup nyaman dan tersenyum bahagia,” sebut Kusmiati sebagaimana MedX kutip dari situs Liputan6.com.

Jajaran dokter dari RS EMC Sentul yang ikut dalam bakti sosial tersebut. Gambar: Liputan6.com

Untuk diketahui, Hernia atau turun berok merupakan penyakit yang terjadi karena turunnya buah zakar seiring melemahnya lapisan otot dinding perut. Kebanyakan pasien yang mengalami kondisi ini adalah laki-laki, terutama anak-anak.

Sementara bibir sumbing merupakan cacat kelainan deformitas kongenital yang terjadi akibat kelainan perkembangan wajah selama gestasi. Kondisi ini terjadi pada bibir, langit-langit mulut, maupun keduanya.

“Sumbing pada bibir disebut cheiloschisis sedangkan sumbing pada langit-langit mulut disebut palatoschisis. Penanganan sumbing adalah dengan cara operasi,” tandas dr. Wendell Ken, Sp. Dokter Bedah Umum RS EMC Sentul.