Halcyon, Produk IMRT Terbaru Besutan Varian Medical Systems

Varian Medical Systems, produsen alat kesehatan California, Amerika Serikat mengumumkan telah merilis Halcyon, sebuah produk intensity modulated radiotherapy system (IMRT) terbarunya.

IMRT yang baru saja mendapat ijin dari badan pengawas obat dan makanan Amerika Serikat (FDA) ini diklaim dapat mengurangi beban kerja yang harus dilakukan teknisi hinga sepertinga dibandingkan dengan produk besutan mereka sebelumnya.

Sistem dasarnya mencakup CT Scan yang menyediakan pencitraan volumetrik saat proses radioterapi dilakukan. Hal ini merupakan tantangan dari segi teknis, karena sinar-X harus berputar cukup cepat untuk membuat gambar 3D yang tajam, sehingga kolimator harus dibuat sangat cepat untuk mengikuti.

Varian juga menyatakan bahwa sistem yang dibuatnya lebih mudah dipasang, membuatnya lebih murah untuk diinstallasi dalam fasilitas klinik atau rumah sakit. Saat ini Halcyon telah digunakan kepada seorang pasien pertama di Eropa berusia 80 tahun yang mengidap kanker kepala & leher. Namun sayangnya, produk ini baru tersedia di pasar Eropa.