Ringankan Keluarga Pasien, Rumah Sakit China Siapkan Hotel Kapsul

travel.detik.com

Pembatasan ketat pada Unit Gawat Daruat (ICU) terkadang juga memberi kekhawatiran tersendiri bagi pengantar pasien. Intensive Care Unit (ICU) adalah ruangan khusus rumah sakit untuk merawat orang-orang yang membutuhkan pelayanan intensif karena masalah medis serius. Jam berkunjung diatur ketat dan ada kalanya pasien harus sendiri tidak bisa ditemani oleh keluarga sekalipun.

Apa yang bisa dilakukan keluarga dan pengantar pasien bila sudah tidak bisa masuk ICU? Ada yang kembali pulang tapi ada juga yang terpaksa menunggu di sekitar lingkungan rumah sakit karena tidak bisa atau kesulitan untuk pulang-pergi.

Nah terkait hal tersebut Rumah Sakit (RS) Pertama Henan University di China berusaha membuat terobosan dengan menyediakan hotel kapsul untuk keluarga pasien. Hotel kapsul sendiri adalah penginapan minimalis di mana penghuninya tidur dalam ruangan yang berisikan kapsul-kapsul dengan kapasitas terbatas hanya untuk satu orang.

RS Pertama Henan University dilaporkan menyediakan gratis ruangan berisi 10 kapsul untuk satu keluarga pasien. Pihak keluarga hanya perlu mengkonfirmasi dan minta kuncinya pada perawat yang berjaga.

“Membantu kami dengan menyediakan hotel kapsul dan mengizinkan untuk menginap di dalamnya, kami pikir ini menunjukkan kehangatan… Meski kecil, tapi cukup aman dan privat,” komentar salah satu keluarga pasien dalam wawancara Rabu 21 November kemarin.

Penginapan terjangkau memang salah satu hal yang sering menjadi kendala bagi keluarga pasien rawat inap. Tidak semua pasien datang dari tempat dekat rumah sakit atau punya sumber daya finansial cukup untuk mencari penginapan.