Review: Omron EVOLV, Tensimeter Digital yang Ramping dan Mudah Digunakan

Tekanan darah tinggi membahayakan kesehatan Anda. Hal ini dapat menyebabkan penyakit arteri koroner, stroke, gagal jantung, penyakit pembuluh darah perifer, kehilangan penglihatan, bahkan penyakit ginjal kronis. Kendati begitu, sebanyak sepertiga orang tidak menyadari tingginya tekanan darah yang mereka miliki.

Omron, salah satu brand papan atas alat kesehatan home care, menawarkan produk Omron EVOLV. Sebuah tensimeter digital untuk membantu siapapun yang ingin mengetahui tekanan darah mereka secara lebih mudah dan praktis.

Desain

Dari segi desain EVOLV sangatlah portable dan mudah dioperasikan. Tanpa unit tabletop, tabung dan kabel. Pengguna tinggal membungkus lengan atas mereka menggunakan manset yang tersedia kemudian hasil tekanan darah akan muncul secara digital pada monitor.

Di dalam dus, Anda akan mendapatkan perangkat utama, empat baterai alkaline AAA, dompet untuk bungkus alat berbentuk persegi dan beberapa buku instruksi. Dalam produk ini, Omron telah memperkenalkan jenis manset baru yang mudah digunakan, dengan ukuran lingkar 22cm sampai 44cm.

Memori internal yang tersedia memungkinkan untuk menyimpan hingga 100 hasil pengukuran. Guna mendapatkan hasil maksimal, EVOLV dapat disinkronisasikan dengan aplikasi smartphone secara teratur melalui Bluetooth.

EVOLV memiliki kontrol yang sangat intuitif sehingga bisa digunakan oleh orang tua dengan mudah. Hanya ada dua tombol pada perangkat. Salah satunya STARTS / STOPS monitor dan yang lainnya adalah tombol koneksi bluetooth.

Fitur dan Penggunaan

EVOLV dapat menyajikan secara lengkap tentang data tekanan darah dengan pembacaan sistolik, diastolik dan nadi. Juga dapat mendeteksi munculnya detak jantung tidak teratur selama pengukuran dan memberi sinyal peringatan perihal kesehatan Anda.

Omron telah memperkenalkan algoritma baru dan eksklusif untuk kesehatan jantung bernama Advanced Accuracy, guna mengukur lebih banyak data kesehatan pengguna agar lebih akurat secara klinis. Algoritma ini juga membantu menghilangkan gangguan yang mungkin disebabkan karena pergerakan atau faktor eksternal lainnya.

Saat proses pengukuran, Anda perlu duduk santai dan nyaman. Duduklah di kursi dengan posisi telapak kaki di lantai. Posisikan manset dengan benar pada lengan atas Anda, cukup tekan tombol START / STOP dan manset lengan akan mulai mengembang dan mengukur layaknya tensimeter lain. Teknologi Intellisense Omron memastikan manset bekerja maksimal untuk setiap penggunaan. Idealnya, Anda harus menggunakan lengan yang sama saat mengukur tekanan darah Anda setiap saat.

Bila monitor mendeteksi ritme yang tidak lazim dua kali atau lebih selama pengukuran, simbol detak jantung tidak teratur akan muncul di layar. Seperti dijelaskan sebelumnya, perangkat ini mampu menyimpan 100 buah hasil pengukuran, namun hanya pengukuran terbaru yang ditampilkan di monitor. Bila memori mencapai 100 hasil pengukuran, data yang terbaru akan secara otomatis menimpa yang sebelumnya.

EVOLV tidak secara otomatis mensinkronisasikan data dengan smartphone. Anda harus meluncurkan aplikasi Omron dari smartphone, mengaktifkan EVOLV dan kemudian memulai sinkronisasi. Setelah data hasil tensi Anda telah ditransfer, tekan tombol START / STOP untuk mematikan monitor atau membiarkannya selama 2 menit, maka monitor akan mati secara otomatis.

Fitur lain dalam alat ini adalah Omron Connect. Sebuah aplikasi yang dapat melmengumpulkan tensi harian, kemudian memberi laporan tentang kondisi kesehatan Anda. Melalui aplikasi ini, Anda juga memiliki pilihan untuk melihat dan mengekspor semua data tensi darah. Informasi ini dapat terintegrasi dengan Apple Health yang sangat berguna karena memungkinkan Anda menyimpan semua data kesehatan Anda di satu tempat.

Kesimpulan

Produk alat kesehatan besutan Omron telah teruji dan banyak mendapat pujian baik oleh pengguna awam maupun dokter selama 40 tahun terakhir. Banyak dokter terkenal telah membuktikan kualitas produk dan merekomendasikan penggunaannya kepada pasien. Jika Anda pemilik perangkat Omron saat ini, Anda tahu seberapa bagus kualitasnya. Tidak terkecuali dengan produk EVOLV ini.

Bagi beberapa pengguna, khususnya lansia, kelebihannya adalah cara penggunaannya yang sangat mudah dan sederhana, namun tidak mengurangi fungsi dan kecanggihan fitur-fiturnya. Satu-satunya yang menjadi kekurangan perangkat ini adalah, jika Anda ingin melihat data histori pengukuran tensi, maka harus melakukan sinkronisasi data dengan aplikasi secara terus menerus.