spot_img

Produsen Alat Kesehatan Pertama di Sulut, PT APK Siap Beroperasi

Salah satu sektor yang terus berkembang di Sulawesi Utara adalah industri alat kesehatan. PT Ardia Prima Kawanua (PT APK) merupakan produsen alat kesehatan pertama di provinsi ini yang beroperasi. PT APK akan memproduksi berbagai macam alat kesehatan yang diperlukan dunia medis.

Hal tersebut terlihat dari peresmian produsen alat kesehatan di Sulawesi Utara sebagaimana dilansir dari Sulut Aktual (26/09/2023).

Acara peresmian PT APK dihadiri oleh beberapa pejabat dari Kementerian Kesehatan RI. Antara lain, Ir Sodikin Sadek M Kes selaku Direktur Kefarmasian dan Alat Kesehatan, dan Dra Eka Purnamasari Apt MKM selaku Direktur Pengawasan Alkes di bawah Direktorat Jenderal Farmalkes.

Selain itu, juga ada dr Merry Mawardi SPh yang mewakili Kepala Dinas Sosial Sulawesi Utara, serta beberapa pimpinan dinas dan rumah sakit di daerah tersebut.

Pendirian Produsen Alat Kesehatan Merupakan Langkah Signifikan

Ronald Valty Pelealu ST, selaku Direktur PT APK, menyampaikan bahwa mendirikan pabrik alat kesehatan di Sulut adalah tantangan yang besar. Pasalnya, kondisi infrastruktur di daerah ini masih kurang mendukung untuk pengembangan industri.

“Kami bisa mewujudkan program ini berkat kerja sama dengan perusahaan mitra kami di Jawa. Kerja sama ini disebut sebagai turnkey project. Lewat proyek ini, kami mendapat bantuan berupa penyewaan peralatan produksi, transfer teknologi, pelatihan, akses pembiayaan, dan bantuan lain yang memudahkan kami untuk segera memulai produksi dengan waktu dan biaya yang efisien,” ujar Direktur PT APK.

Ia juga menyampaikan bahwa pendirian pabrik alat kesehatan pertama di Sulut adalah awal dari pembangunan industri di daerah ini.

“Dengan adanya industri di Sulut, akan ada dampak positif yang besar bagi perekonomian Sulut secara nyata. Industri alat kesehatan ini akan mendorong terbentuknya industri lain yang mendukungnya. contohnya industri bahan baku, bahan kemas, lab uji, dan lain-lain. Dengan demikian, Sulut akan berubah menjadi salah satu daerah industri yang mandiri di Indonesia,” papar Ronald.

 

Related Articles

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Media Sosial

9,800FansLike
7,250FollowersFollow
BERLANGGANAN NEWSLETTER GRATIS
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Join over 3.000 visitors who are receiving our newsletter and learn how to optimize your blog for search engines, find free traffic, and monetize your website.
We hate spam. Your email address will not be sold or shared with anyone else.

Pilihan Redaksi

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x