Pria Asal Florida Ini Manipulasi Sistem Kesehatan Pemerintah AS Senilai US$ 1,3 miliar

Philip Esformes. Gambar: Bloomberg.

Aksi penipuan memang tidak mengenal etika termasuk dilakukan pada sektor kesehatan yang notabene menyangkut hajat hidup orang banyak. Seperti yang dilakukan oleh seorang pria asal Florida, Amerika Serikat ini. Dirinya berhasil memanipulasi sistem jaminan kesehatan Amerika Serikat dengan cacra mengklaim perawatan kesehatan senilai US$ 1,3 miliar.

Philip Esformes namanya. Seorang warga Miami Beach berusia 50 tahun yang menggunakan jaringan panti jompo dan fasilitas tempat tinggal di Florida Selatan untuk menipu program-program perawatan kesehatan pemerintah AS. Sambil memberikan perawatan yang tidak memadai dan tidak perlu kepada pasien

Dihimpun dari berbagai sumber, Esformes menghasilkan setidaknya US$ 37 juta untuk dirinya sendiri dari tahun 1998 hingga 2016. Menurut jaksa, uang haram itu Ia gunakan untuk membiayai gaya hidupnya. Ia tercatat memiliki mobil mewah dan jam tangan senilai US$ 360.000.

Esformes juga menggunakan beberapa hasil dari penipuan untuk menyuap pelatih basket Universitas Pennsylvania untuk membantu memasukkan putranya ke sekolah. Kendati pelatih tersebut sudah mengaku bersalah atas pencucian uang tahun lalu sehubungan dengan kasus ini.

Pun dirinya berhasil menyuap dokter untuk menerima pasien ke fasilitas yang ia operasikan. Para pasien tidak mendapatkan perawatan yang tepat dan kadang-kadang menerima layanan tidak perlu yang kemudian ditagih kepada pemerintah AS. Tak sampai di situ, Esformes juga menyuap regulator negara bagian Florida untuk mengetahui tentang inspeksi mendadak atas fasilitas perusahaan sebelumnya.

Namun sekarang dirinya sudah tertangkap dan menjadi terdakwa. Penegahk hukum setempat memutuskan Esformes bersalah atas 20 tuduhan di pengadilan Distrik Selatan Florida. Tuduhan termasuk konspirasi untuk menipu negara, menerima suap, pencucian uang, dan konspirasi untuk melakukan suap. Dua rekan konspirator juga mengaku bersalah.