Philips dan Nuance Ciptakan Sistem Pelaporan Radiologi Berbasis AI

Gambar ilustrasi. Foto: dok. Philips.

Philips Healthcare, salah satu produsen alat kesehatan bekerja sama dengan Nuance Communications Inc. tengah mengembangkan alat berbasis artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan untuk diimplementasikan pada sistem pelaporan hasil pencitraan radiologi.

Keduanya menggabungkan kemampuan Philips Illumeo dan platform Nuance PowerScribe 360 ​​untuk mengurangi perbedaan dan memperbaiki pelaporan, akurasi dan standardisasi radiologi. Sistem ini diklaim dapat memberikan banyak kemudahan bagi ahli radiologi.

“Philips mengambil pendekatan untuk mengembangkan kecerdasan adaptif, dalam hal ini dengan Illumeo, untuk meningkatkan keahlian ahli radiologi,” Kata Yair Briman, business leader of health care informatics Philips.

Dengan menggunakan Illumeo, ahli radiologi dapat memperoleh relevansi kontekstual tentang pasien dengan teknologi machine learning untuk secara otomatis mengumpulkan data pasien dari sumber yang berbeda. PowerScribe 360 sendiri ​​adalah platform pelaporan radiologi real-time yang menghasilkan laporan berkualitas dengan cepat.

Ahli radiologi akan dapat melihat temuan yang dikumpulkan oleh Illumeo melalui PowerScribe 360. Integrasi keduanya akan menyediakan sistem yang memungkinkan stratifikasi risiko, ketepatan dan struktur laporan yang lebih baik serta waktu penyelesaian yang lebih cepat.

Karen Holzberger, Vice President Nuance mengatakan bahwa kolaborasi tersebut akan mengoptimalkan temuan laporan dan menerapkan alur kerja yang mengurangi langkah-langkah berlebihan, sehingga menghemat waktu dan meningkatkan akurasi. Dirinya juga menambahkan, perkembangan AI saat ini memungkinkan untuk diimplementasikan ke dalam alur kerja praktis bagi ahli radiologi.