spot_img

Peresmian Rumah Sakit Pratama Pujon: Langkah Maju Pelayanan Kesehatan di Kabupaten Kapuas

Peresmian Rumah Sakit Pratama Pujon oleh Pj. Bupati Kapuas, Erlin Hardi, telah dilakukan pada Kamis, 4 Juli 2024. 

Hadir dalam acara tersebut berbagai unsur pimpinan daerah. Beberapa pihak antara lain termasuk Dandim 1011 KLK, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas dr. Tonun Irawaty Panjaitan, dan sejumlah tokoh masyarakat. 

Peresmian ini diharapkan menjadi momentum penting untuk memperbaiki aksesibilitas dan kualitas layanan kesehatan di daerah ini.

Komitmen Pemerintah Kabupaten Kapuas

Peresmian RS Pratama Pujon merupakan bagian dari upaya Pemerintah Kabupaten Kapuas untuk mewujudkan masyarakat yang sehat dan berkualitas. 

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Erlin Hardi menegaskan pentingnya keberadaan rumah sakit ini dalam memberikan keterjaminan layanan kesehatan bagi masyarakat Kapuas Tengah dan sekitarnya. 

Erlin juga menekankan pentingnya penyelesaian pembangunan jaringan listrik oleh PLN agar rumah sakit ini dapat segera berfungsi secara optimal.

“Bangunan RS telah rampung dan peralatan medisnya juga telah siap digunakan. Namun, kita masih menunggu ketersediaan listrik agar peralatan kesehatan bisa difungsikan,” ujar Erlin dilansir dari Kalteng Times (05/07/2024). 

Beliau juga meminta Dinas Kesehatan untuk mempersiapkan tenaga medis dan non-medis yang dibutuhkan. Perekrutan dengan mengutamakan tenaga kesehatan dari warga lokal guna membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar.

Fasilitas dan Infrastruktur Rumah Sakit Pratama Pujon

Rumah Sakit Pratama Pujon dirancang dengan berbagai fasilitas modern untuk memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat. 

Fasilitas yang tersedia meliputi rawat inap, rawat jalan, instalasi gawat darurat (IGD), intensive care unit (ICU), ruang operasi, radiologi, laboratorium, dan instalasi gizi. 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, dr. Tonun Irawaty Panjaitan, menyampaikan bahwa manfaat terbesar RS ini terutama dalam pemerataan fasilitas kesehatan di daerah non-pasang surut.

“Rencananya, perekrutan tim medis sedang dilakukan untuk pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K). Kami berharap dengan adanya tim medis yang kompeten, RS ini dapat melayani kesehatan masyarakat secara optimal,” kata dr. Tonun. 

Beliau juga menambahkan bahwa operasional rumah sakit ini sangat bergantung pada masuknya listrik dan akses air bersih dari PDAM. Sebagaimana listrik dan air merupakan aspek penting dalam operasional RS.

Dukungan Masyarakat dan Penghargaan

Pembangunan RS Pratama Pujon tidak lepas dari dukungan dan partisipasi aktif masyarakat setempat. Kepala Dinas Kesehatan dr. Tonun Irawaty Panjaitan menyampaikan rasa terima kasih. 

Ucapan tersebut terutama kepada masyarakat yang telah menghibahkan tanah mereka sebagai lahan RS dan kepada kontraktor yang telah menyelesaikan pembangunan tepat waktu.

“Kami juga berencana memberikan piagam penghargaan kepada pihak-pihak yang telah menghibahkan tanah mereka dan berkontribusi secara penuh dalam pembangunan rumah sakit ini,” kata dr. Tonun, seperti dilansir dari Borneo News (03/07/24) 

Dengan peresmian RS Pratama Pujon, diharapkan pelayanan kesehatan di Kabupaten Kapuas akan semakin meningkat dan merata. Masyarakat juga dapat menikmati fasilitas kesehatan yang lebih baik dan terjangkau.

Related Articles

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Media Sosial

10,000FansLike
13,700FollowersFollow
BERLANGGANAN NEWSLETTER GRATIS
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Join over 3.000 visitors who are receiving our newsletter and learn how to optimize your blog for search engines, find free traffic, and monetize your website.
We hate spam. Your email address will not be sold or shared with anyone else.

Pilihan Redaksi

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x